Karhutla Mulai Terjadi di Muarojambi, Sebulan Terakhir Ada 4 Titik Api Terpantau

Musim kemarau mulai datang bahkan BMKG memprediksi puncak kemarau bakal terjadi di Agustus bulan depan.

Karhutla Mulai Terjadi di Muarojambi, Sebulan Terakhir Ada 4 Titik Api Terpantau
Kalak BPBD Muarojambi Ardanus (ist)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Musim kemarau mulai datang bahkan BMKG memprediksi puncak kemarau bakal terjadi di Agustus bulan depan. 

Di Muarojambi, memasuki musim kemarau ini, bencana yang rentan terjadi adalah kebakaran hutan dan lahan. Muarojambi sendiri saat ini masih berstatus sebagai siaga Karhutla. 

Kapala pelaksana badan penaggulangan bencana daerah (BPBD) Muarojambi Ardanus menyebut, sepanjang satu bulan terakhir, sudah ada beberapa titik api yang terpantau terjadi di Muarojambi. 

"Sepanjang bulan Juli 2021 ini ada empat titik api yang terjadi di wilayah Kabupaten Muarojambi," kata Ardanus Rabu (28/721).

Lokasi titik api yang terjadi tersebar di beberapa kecamatan yang ada di Muarojambi, seperti Kecamatan Tamanrajo, Marosebo dan Sungaigelam.

"Satu titik terjadi di Kecamatan Sungaigelam dua pekan sebelumnya, sementara tiga titik terjadi pada tanggal 22- 23 bulan ini," katanya.

Menurut Ardanus, titik api yang terpantau tersebut sudah berhasil ditangani oleh tim satgas karhutla yang berada di kecamatan tersebut.

"Alhamdulillah sudah berhasil ditangani semuanya titik api tersebut," kata Ardanus.

Untuk antisipasi terjadinya Karhutla saat musim kemarau ini, BPBD dan stakeholder terkait telah siap siaga. Mereka berpatroli dan begitu juga pihak provinsi juga turut melakukan patroli melalui udara.

"Kita berharap selama status siaga Karhutla ini, terhadap titik api dapat kita atasi dan kita selalu mensosialisasikan pada masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar," tutupnya.

Penulis: Raden Romi
Editor: Rhizki Okfiandi