Lakukan Beberapa Hal Sederhana Ini Cegah COVID-19

Wabah virus corona yang melanda dunia membuat kita wajib meningkatkan sistem kekebalan tubuh demi mencegah terinfeksi virus tersebut.

Lakukan Beberapa Hal Sederhana Ini Cegah COVID-19
Ilustrasi. (Istimewa)

BRITO.ID, BERITA KESEHATAN - Wabah virus corona yang melanda dunia membuat kita wajib meningkatkan sistem kekebalan tubuh demi mencegah terinfeksi virus tersebut.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah cara kita agar terhindar dari virus corona. Ini kebiasaan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tertawa

Tertawa adalah salah satu trik untuk meningkatkan sistem kekebalan Anda, bersama dengan suasana hati Anda.

Ini meningkatkan kadar antibodi dalam darah dan sel-sel darah putih yang menyerang dan membunuh bakteri dan virus.

Tertawa juga meningkatkan jumlah antibodi dalam lendir yang dibuat di hidung dan saluran pernapasan, titik masuk bagi banyak kuman.

Bernyanyi dengan cara yang sehat

Sebuah penelitian terhadap paduan suara Jerman mengungkapkan bahwa bernyanyi mengaktifkan limpa, membantu meningkatkan konsentrasi antibodi darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jika bernyanyi kelompok bukan untuk Anda, nyanyikan saja lagu favorit Anda di kamar mandi, bahkan hanya dengan mendengarkan musik memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa secara keseluruhan.

Pilih lemak ramah

Beberapa lemak sangat penting untuk membangun sel dan untuk produksi prostaglandin, senyawa seperti hormon yang membantu mengatur respon sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi, seperti cara bereaksi dengan membuat sel darah putih yang memerangi penjajah.

Atlet Italia dengan diet sangat rendah lemak ternyata secara signifikan kekurangan sel-sel ini. Rahasia bagaimana cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda?

Pilih lemak Anda dengan hati-hati. Pilihlah lemak nabati tak jenuh daripada lemak jenuh dari makanan hewani, yang mengurangi kemampuan sel darah putih menjadi bakteri zap.

Dan hindari lemak trans, lemak buatan yang berlabel "terhidrogenasi" atau "terhidrogenasi sebagian."

Sering ditemukan dalam makanan olahan dan makanan yang dipanggang, mereka dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh.

Jauhi gula

Hanya 10 sendok teh gula, jumlah dalam dua kaleng soda 12 ons atau limun berkarbonasi, merusak kemampuan sel darah putih untuk menonaktifkan atau membunuh bakteri.

Pilihlah pemanis alami, seperti yang dibuat dari tanaman stevia untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cobalah untuk membatasi alternatif bebas kalori seperti aspartame.

Nikmati ikan

Ikan berminyak seperti sarden, herring, dan mackerel mengandung protein, penting untuk membangun sel yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, dan asam lemak yang disebut omega-3, yang mengatur fungsi sistem kekebalan tubuh.

Ketika tubuh diserang, peradangan akut adalah respons pertama tubuh. Tetapi omega-3 menurunkan produksi senyawa inflamasi dan meningkatkan produksi antiinflamasi, sehingga membantu pemulihan dan bahkan menekan pertumbuhan sel kanker.

Dalam uji klinis, omega-3 juga ditemukan mengaktifkan bagian sistem kekebalan yang mematikan aktivitas sel serangan begitu pekerjaan mereka selesai.

Makan jamur

Jamur reishi langka telah dihargai di Timur Jauh selama lebih dari 2.000 tahun. Para ahli sekarang tahu bahwa jamur ini merangsang produksi sel-T, sel darah putih yang terlibat dalam melindungi tubuh dari infeksi. Ini meningkatkan kadar zat yang memperkuat respon imun.

Sumber: grid.id
Editor: Ari