Lima Hektar Lahan Terbakar di Kumpeh, Zakir: Kami Minta Warga Jangan Buka Lahan Dibakar

Lima Hektar Lahan Terbakar di Kumpeh, Zakir: Kami Minta Warga Jangan Buka Lahan Dibakar

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Lima hektar lahan terbakar di Desa Betung, Kecamatan Kumpeh, Muarojambi, Kamis (27/6/19) lalu. Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muarojambi langsung menerjunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) dan mesin pemadam dibantu TNI dan Polri. Butuh waktu cukup lama untuk memadamkan api yang membesar.

 

"Sekitar enam jam baru berhasil dipadamkan," ungkap Kepala Pelaksana BPBD Muarojambi M. Zakir Sabtu (29/6/19).

 

Zakir menyebut belum diketahui pasti penyebab kebakaran yang menghanguskan lahan seluas lima hektar ini. BPBD dan pihak terkait masih bersiaga di lokasi. "Setelah dapat laporan kami langsung ke lokasi. Hingga kemarin (Jum'at 28/6/19) pun kami masih di sana. Kalau penyebab oastinyabmasih belum diketahui," paparnya.

 

Ditambahkan Zakir, untuk mencegah api yang sudah dipadamkan tidak menyala kembali. Petugas di lapangan terus melakukan pendinginan. "Jadi lahannya ini kan gambut, ada potensi api kembali hidup. Kita siram terus agar titik api tidak muncul kembali," urainya.

 

Berkaca dari kejadian ini, Zakir meminta kepada seluruh masyarakat di Muarojambi agar segera melaporkan apabil melihat adanya kebakaran hutan dan lahan. Karena apabila cepat dideteksi, potensi luas lahan terbakar bisa diminimalisiir dan tidak meluas.

 

"Kami juga meminta kepada masyarakar jangan membuka lahan dengan membakar. Karena sanksi tegas menanti," pungkasnya. (RED)

 

Kontributor : Romi R