Nama 3 Besar Sudah Diserahkan, Bupati Masnah Tak Kunjung Lantik Sekda

Sekretaris Daerah (Sekda) definitif Muarojambi hingga kini masih belum dilantik. 3 nama yang lolos sudah diserahkan ke Bupati untuk dipilih sebagai "pembantu" Bupati menjadi Sekda definitif.

Nama 3 Besar Sudah Diserahkan, Bupati Masnah Tak Kunjung Lantik Sekda
Bupati Muarojambi Masnah Busro (ist)

BRITO. ID, BERITA MUAROJAMBI - Sekretaris Daerah (Sekda) definitif Muarojambi hingga kini masih belum dilantik. 3 nama yang lolos sudah diserahkan ke Bupati untuk dipilih sebagai "pembantu" Bupati menjadi Sekda definitif. 

Saat ini, keputusan siapa yang akan menjadi Sekda definitif menunggu Bupati Muarojambi Masnah menjatuhkan pilihannya. 

“Kalau untuk prosesnya sudah selesai semua, nama-nama 3 besar kan sudah diumumkan. Sekarang tinggal lagi Bupati yang menentukan salah satu dari tiga nama itu, setelah dipilih satu nama, baru suratnya kita koordinasikan ke Gubernur Jambi,” kata Kepala Bidang Mutasi dan Pengembangan ASN BKD Muarojambi Hendra Selasa (16/11/21).

Hendra mengaku hingga saat ini BKD Muarojambi belum menerima siapa yang dipilih oleh Bupati dari tiga nama yang lulus seleksi tersebut. 

"Iya belum ada kabar pelantikan, sebab nama yang akan diusulkan ke Gubenur Jambi belum dapat perintah dari Bupati. Kami masih menunggu surat perintah Bupati untuk dikoordinasikan ke Gubenur Jambi, setelah  dapat balasan dari Gubenur Jambi baru bisa dilakukan pelantikan," kata Hendra. 

Saat ditanya, apakah nama (Sekda) yang ditunjuk oleh Bupati Masnah bisa dibatalkan oleh Gubernur Jambi ?, Hendra mengaku, secara aturan tidak bisa dilakukan pembatalan, karena itu sifatnya hanya koordinasi atau pemberitahuan saja.

"Misalnya nanti Bupati ajukan satu nama, itu tidak bisa dibatalkan oleh Gubernur, karena sifatnya ke Pemerintah Provinsi itu hanya koordinasi atau pemberitahuan bukan persetujuan,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Fraksi PDI Perjuangan Usman Khalik saat dikonfirmasi mengatakan Bupati Masnah harus segera melakukan pelantikan Sekda definitif. Karena hal ini sangat berpengaruh terhadap pembahasan RAPBD tahun 2022. 

“Nama-nama calon Sekda 3 besar itu kan sudah ada hasilnya dari tim seleksi, Nah Bupati harus segera sampaikan ke Gubernur, agar secepatnya bisa dilakukan pelantikan jangan ditunda-tunda lagi,” sebut H. Usman Khalik, SE.

Belum adanya Sekda definitif, sangat berpengaruh sekali terhadap pembahasan RAPBD tahun2022. 

“Sekarang saja sudah pertengahan November, sedangkan akhir pembahasan RAPBD 2022 itu tertanggal 30 November sudah ada persetujuan baik dari Pemkab maupun dari DPRD. Jadi kapan lagi mau diajukan. Sekali lagi saya minta Bupati harus segera melantik Sekda defenitif. Jangan ditunda lagi,” kata Usman. 

Sementara itu Bupati Muarojambi Hj. Masnah Busro saat ditemui di Kantor Bupati mengatakan akan segera melakukan pelantikan. 

"Dalam waktu dekat ini akan kita lantik,” kata Masnah. 

Penulis: Raden Romi
Editor: Rhizki Okfiandi