Pasar Modern Singkut Segera Beroperasi, Segini Tarif Sewanya

Pasar Modern Singkut Segera Beroperasi, Segini Tarif Sewanya
Kadis Perindagkop UMKM Sarolangun Kasiyadi (Arfandi S/BRITO.ID)

BRITO.ID, BERITA SAROLANGUN - Pasar Modern yang ada di Kecamatan Singkut saat ini akan segera beroperasi, pasca para pedagang sudah mulai menempati bangunan pasar tersebut.

Kadis Perindagkop, UMKM dan Koperasi Sarolangun, Kasiyadi, mengatakan bahwa pasar Modern singkut ini akan ditempati sebanyak 391 pedagang, yang dipindahkan dari tempat penjualan sementara sebelum pasar Modern tersebut difungsikan.

Katanya, ada sebanyak 14 komoditi yang akan menempati pasar tersebut, yang tentunya pemindahan para pedagang dikelola oleh pihak asosiasi pasar yang dibentuk.

"Ada 14 komoditi jumlahnya 391 pedagang, semua pedagang ini sudah siap pindah dengan membayar dp untuk mengganti tempat jualan yang difasilitasi asosiasi, ada yang sudah lunas ada juga yang baru bayar separuh," katanya(14/01/2020).

Biaya tempat tersebut dikenakan kepada para pedagang, karena pihak asosiasi telah menyiapkan tempat berupa meja dan kios bagi para pedagang. Besarannya pun bervariasi sesuai dengan bangunan yang dibuat.

"Untuk keseriusan pedagang itu, maka ada yang bayar DP dulu. kemudian siapa yang nyewa itulah yang nunggu, tidak ada yang over. Setiap tiga bulan sekali akan dievaluasi, karena peminatnya banyak, jumlahnya bisa permintaan sampai 500 pedagang," katanya.

Untuk biaya sewa sendiri, bervariasi mulai dari Rp 600 ribu hingga Rp 5 juta, tergantung dengan ukuran dan jenis dagangan yang dijual.

Penulis: Arfandi S

Editor: Rhizki Okfiandi