Pemuda Cabul Ini Sempat Kabur Saat Dikejar Polisi Sarolangun, Pelaku Sempat Jadi Buronan

Pemuda Cabul Ini Sempat Kabur Saat Dikejar Polisi Sarolangun, Pelaku Sempat Jadi Buronan
Pelaku yang diamankan polisi. (Arfandi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA SAROLANGUN - Satuan Reskrim Polres Sarolangun berhasil meringkus terduga pelaku tindak pidana pencabulan terhadap anak dibawah umur. Penangkapan pelaku berinisial HB berdasarkan laporan ibu korban pada 03 Januari 2018 silam. Penangkapan dilakukan di Dharmasraya, Rabu (291/1) sekitar pukul 00.30 WIB.

Kapolres Sarolangun AKBP Deny Heryanto didampingi Kasat Reskrim IPTU Bagus Faria dikonfirmasi membenarkan adanya penangkapan tersebut. Dirinya mengatakan, pelaku yang ditangkap berinisial HB (32) warga Kelurahan Empat Koto, Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya, Sumbar.

"Korbannya berinisial SR (15) warga Dusun Suko Mulyo Desa Pelawan. Kejadian ini sudah lama, tepatnya hari Jum'at (22/12/2017) silam sekitar pukul 10.00 WIB di rumah Hj Ani yang berada di RT 01 Dusun Suko Mulyo Desa Pelawan," katanya.

Kronologinya Jum'at 22 Desember 2017 silam, sekira pukul 09.30 WIB, ibu korban menyuruh korban (anak kandung pelapor) untuk mengayun adik ipar pelapor yang berumur 1,5 tahun di rumah ibu mertua pelapor di sebelah rumah pelapor. Kala itu pelapor sedang memasak. 

Kemudian sekitar pukul 10.00 WIB pelapor melihat adik ipar pelapor dan anak pelapor di rumah mertua pelapor. Pelapor melihat pelaku sedang berada di atas badan anaknya yang sedang posisi tidur telungkup, dan pelapor berjerit kemudian pelaku kabur meninggalkan rumah mertua pelapor.

Lalu pelapor bertanya kepada anaknya, dan ternyata pelaku melakukan perbuatan cabul terhadap anaknya. Atas kejadian itu, ibu korban langsung melaporkan kejadian ini ke Polres Sarolangun.

"Setelah sekian lama, akhirnya pada hari Senin tanggal 27 januari 2020, kami mendapat informasi dari masyarakat, bahwa pelaku berada di Kabupaten Dharmasraya, Sumbar. Setelah mendapatkan informasi, besoknya tim menuju ke lokasi yang dimaksud. Ssampainya di Polsek Pulau Punjung, dilakukan koordinasi dengan personil Reskrim Polsek dan akhirnya diketahui kediaman pelaku di Kelurahan Lima, Koto, Kecamatan Pulau Panjang," terangnya.

Pelaku HB sudah berganti nama menjadi Heri, tim kemudian bergerak menuju ke rumah pelaku dan sekira pukul 00.30 WIB (29/1/2020) pelaku berhasil diamankan.

"Sebelum diamankan, pelaku sempat berusaha melarikan diri. Kemudian anggota kita melepaskan tembakan peringatan, sehingga pelaku berhasil diamankan kemudian dibawa ke Polres Sarolangun guna penyidikan lebih lanjut," pungkasnyam

Penulis: Arfandi Sarbaini
Editor: Ari