Pemungutan Suara Lanjutan di Lapas Jambi Gagal, Ini Penjelasan Kalapas

Pemungutan Suara Lanjutan di Lapas Jambi Gagal, Ini Penjelasan Kalapas

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 untuk empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Jambi, batal digelar.

Padahal, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu Kota Jambi sudah menjadwalkan PSL dilakukan Jumat (26/4) kemarin. Dari informasi yang dihimpun, batalnya PSL dikarenakan dihari yang sama pihak Lapas tengah disibukkan dengan acara internal.

Acara itu yakni, hari Bakti Pemasyarakatan ke-55 yang puncaknya dilaksanakan hari ini, Sabtu (27/4) dihadiri Gubernur Jambi. Kepala Lapas Klas IIA Jambi, Yusran, saat dikonfirmasi juga menegaskan bahwa kegiatan KPU terkait PSL ini tidak bisa dilakukan Jumat kemarin dan hari ini.

“Kami tidak mengetahui adanya kegiatan pemungutan suara lanjutan. Dan itu semua harus dipersiapakan dengan matang. Tidak bisa dilakukan begitu saja,” kata Kalapas IIa Jambi, Yusran.

Yusran juga mencontohkan persiapan, bahwa mereka harus mempersiapkan kembali KPPS, kemudian mendata kembali siapa-siapa saja yang sudah dan belum mencoblos. Lalu, siapa saja yang boleh mencoblos surat suara presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota Jambi.

“Ketika diberitahukan kepada kami. Kami terkejut, kenapa ada PSL. Kemarin TPS sudah ditutup. Harusnya tidak usah ditutup,” ungkapnya. (Red)

Reporter : Dewi Yana Safitri