Pilkades Dua Desa di Muarojambi Ini Sepi Peminat, Entah Mengapa?

Pilkades Dua Desa di Muarojambi Ini Sepi Peminat, Entah Mengapa?
Bupati Muaro Jambi Masnah. (Dok)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Ada 62 desa di Kabupaten Muarojambi akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 11 November 2019 mendatang. 

Pendaftaran bakal calon kepala desa Pilkades jilid III ini ditutup 21 Agustus lalu. Dari 62 desa tersebut, dua desa di antaranya masih sepi peminat.

"Masih ada dua desa yang belum ada calon kades yang mendaftar," ungkap Raden Najmi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Muarojambi Minggu (25/8/19).

Dipaparkan Najmi, dua desa tersebut adalah Desa Teluk Raya Kecamatan Kumpeh Ulu dan Desa Sumber Mulia Kecamatan Bahar Selatan. Khusus dua desa tersebut akan dilakukan perpanjangan masa pendaftaran.

"Akan diperpanjang masa pendaftarannya sampai 20 hari ke depan terhitung sejak tanggal 22 Agustus 2019 yang lalu," kata dia.

Jika dalam waktu 20 hari mada perpanjangan tersebut, lanjut Najmi, belum juga ada pendaftar calon kades minimal dua orang, maka Pilkades di dua desa tersebut akan ditunda. 

"Kalau memang selama masa perpanjangan tidak ada juga maka akan ditunda. Akan diikutsertakan pada Pilkades Jilid berikutnya," urainya.

Sementara untuk 60 desa lainnya, kuota balon kades sudah terpenuhi. Bahkan ada beberapa desa yang harus diseleksi kembali oleh panitia pikades karena lebih dari kuota maksimal yakni lima orang.

"Total ada 245 balon kades yang sudah mendaftar dan pada Jum'at lalu sudah mengikuti ujian tertulis adat," tandasnya. (RED)

Kontributor : Romi R