PMI Buat Posko Pengobatan Gratis & Air Bersih bagi Warga Puding

PMI Buat Posko Pengobatan Gratis & Air Bersih bagi Warga Puding
PMI lakukan pengobatan gratis di Desa Puding. (Romi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Warga Desa Puding, Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muarojambi Minggu (22/9/19) mendapat bantuan dari Palang Merah Indonesia. 

Bantuan yang disalurkan ke warga di sana berupa pengobatan gratis, bantuan air bersih, pemberian masker. Tak hanya itu, PMI juga mengadakan dapur umum bersama Pemkab Muarojambi untuk membantu konsumsi petugas karhutla.

"Masyarakat di sini sangat butuh air bersih serta pengobatan. Untuk itulah kita distribusikan bantuan ke desa ini," ungkap Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Jambi Dr Tedjo Sukmo, Minggu (22/9/19).

Dikatakan Tedjo, kemarau dan kabut asap yang melanda membuat warga sangat rentan terpapar penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). 

Warga meskipun merasa sakit, namun terkadang cenderung enggan untuk berobat ke Puskesmas.

"Sengaja jemput bola karena lebih tepat sasaran karena langsung menyasar ke warga di lokasi. Warga bisa datang langsung ke posko pengobatan yang kami dirikan," katanya.

Selain memberikan pengobatan dan bantuan air gratis, PMI juga memberi edukasi tentang bahaya kabut asap. Warga yang mendapat bantuan air gratis dan pengobatan merasa sangat terbantu terutama dengan bantuan distribusi air bersih yang saat ini memang sangat dibutuhkan.

"Alhamdulillah sangat terbantu apalagi untuk bantuan air bersih. Karena sumur-sumur di sini memang sudah kering saat ini," kata salah seorang warga di sana.

Pantauan BRITO.ID, di lokasi, satu tangki mobil berisi air bersih sebanyak 5.000 liter dari PMI. Warga desa pun berduyun-duyun mengambil bantuan air bersih itu.

Tak hanya itu, dua unit tenda juga didirikan di lokasi yang di dalamnya dilengkapi dengan oksigen dan petugas medis. Warga yang mengalami gangguan kesehatan langsung berobat dan berkonsultasi dengan paramedis di tenda-tenda ini. (RED)

Kontributor : Romi