Satgasgab Karhutla Jambi Dapat Bantuan 100 Personel PPRC dari Yonif 144/JY

Satgasgab Karhutla Jambi Dapat Bantuan 100 Personel PPRC dari Yonif 144/JY
Pasukan PRRC mendapatkan pengarahan dari Danrem Gapu Elphis. (Deni/brito.id)

BRITO.ID, BERITA JAMBI – Situasi dan kondisi Karhutla yang terjadi di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah semakin menjadi. Kabut asap semakin meningkat, jarak pandang hari ini menurut BMKG di sekitar Bandara Sultan Thaha Jambi sekitar 2000 meter.

Walaupun tertutup asap tipis, namun belum mengganggu jarak pandang untuk penerbangan.

Demikian halnya hasil pemantauan langsung dI Kota Jambi, kabut asap tipis mulai menutupi pandangan mata, dibandingkan sebelum terjadinya Karhutla beberapa bulan yang lalu. Situasi seperti ini perlu penanganan yang cepat, tepat dan lebih serius lagi.

Guna memperkuat pasukan yang sudah menempati lokasi kebakaran hutan sekarang ini, pada Sabtu (21/9/2019) Satgasgab Karhutla Provinsi Jambi mendapat tambahan perkuatan sebanyak 100 personel anggota PPRC (Pasukan Pemadam Rekasi Cepat). Pasukan ini dari dari Yonif 144/JY yang akan memperkuat pasukan yang ada di wilayah rawan Karhutla.

Sesuai Perintah dari bapak Pangdam II Sriwijaya Mayjen Irwan, pasukan ini diharapkan secepatnya memperkuat pasukan satgas Karhutla yang sudah ada sekarang.

Mencermati situasi perkembangan situasi seperti ini, saat menerima perbantuan kekuatan personel dari Yonif 144/JY, Danrem 042/Gapu selaku Dansatgasgab Karhutla Provinsi Jambi Kolonel Arh Elphis Rudy dalam arahannya menyampaikan bahwa tugas yang diberikan ini adalah tugas kemanusiaan.

"Kita bergerak harus body sistem dan mempersiapkan mental serta jangan mudah menyerah, kemudian kita juga harus memperhatikan faktor keamanan baik personel dan materil," ujarnya.

Selesai pengarahan Elphis, Kasiops Satgas Letkol Inf Yudha segera menyiapkan rencana penempatan 100 personel yang diperbantukan tersebut.

Dari hasil brifing perkembangan situasi Karhutla yang terbaru, Letkol Inf Yudha membuat perencanaan penempatan pasukan tersebut dengan menempatkan 3 SST (Satuan Setingkat Peleton) sebanyak 75 orang dipimpin Kapten Inf Ade Risnandar akan memperkuat pasukan yang sudah ada di Desa Sipin Teluk Duren Kec.Kumpeh Ulu, Muarajambi. Wilayah Kabupaten Muarajambi masuk Subsatgas I Kodim 0415/Batanghari.

"1 SST dengan kekuatan 25 orang dipimpin Letda Inf Hidayat akan di tempatkan di Wilayah Subsatgas III Kodim 0419/Tanjab dengan kekuatan 8 orang  untuk membantu memperkuat pasukan yang ada di Koramil 419-04/ Nipah Panjang Tanjab Timur, 8 orang di Koramil 419-01/Sabak Tanjab Timur dan 9 orang di Makodim 0419/Tanjab Kuala Tungkal," ujar Letkol Yudha.

Lanjut Kadiops, dengan perbantuan personil sebanyak 100 orang ini, harapannya titik-titik api yang sekarang ini menyala dan dibantu perlengkapan alat pemadaman, agar titik api itu dapat dipadamkan.

Setelah dibagi untuk wilayah penempatan, pada pukul 09.45 Satgas PPRC PB diberangkatkan dan dilepas Dansatgasgab untuk menuju lokasi penugasannya masing-masing. "Saya atas nama Komandan Satgasgab Provinsi Jambi mengucapkan selamat bertugas," tutupnya. (RED)

Reporter : Deni