Soroti BOT Pemprov dan WTC, BPK RI: Kami Temukan Akta Perjanjian Tak Sesuai

Soroti BOT Pemprov dan WTC, BPK RI: Kami Temukan Akta Perjanjian Tak Sesuai
Kepala BPK RI, Heri Ridwan (Deni/BRITO.ID)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Minimnya kontribusi dari Mall WTC terhadap Pemerintah Provinsi Jambi, menjadi sorotan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Jambi.

 

Dikatakan Kepala BPK RI, Heri Ridwan, Kamis (4/7/2019) saat ini pihaknya menemukan permasalahan pemanfaatan lahan Pemprov Jambi yang digunakan pihak ketiga dengan sistem Build Operate Transfer (BOT) atau Bangun Guna Serah.

 

"Kami temukan akta perjanjian kerjasama yang tida sesuai," ujarnya.

 

Selain Mall WTC, Heri Ridwan juga menjelaskan beberapa temuan yang menjadi catatan dan harus diselesaikan dan tindaklanjuti Pemprov Jambi hingga 60 hari kedepan. Baik temuan yang bersifat berulang maupun terhadap permasalahan permasalahan yang baru.

 

"Terkait dengan temuan berulang, kami masih menemukan pengelolaan aset itu masih banyak yang perlu diperbaiki," ujarnya.

 

Permasalahan yang perlu dibenahi itu proses mekanisme pencatatan aset, karena saat ini pencatatan Pemprov Jambi masih manual. Dimana seharusnya saat ini sudah memanfaatkan sistem atau melalui aplikasi yang terintegrasi.

 

"Resiko adanya asset-aset yang tidak tercatat, kemudian juga ada asset-aset yang tidak diketahui keberadaannya, itu terkait dengan aset," tandasnya. (RED)

 

Reporter : Deni