Surat Suara Pilkades Mulai Didistribusikan

Surat Suara Pilkades Mulai Didistribusikan
Pengecekan Yang Dilakukan Pihak DPMD (Raden Romi/ BRITO.ID)

BRITO.ID, BERITA MUARO JAMBI -Lima Hari jelang pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak gelombang III di Kabupaten Muaro Jambi, kertas surat suara pilkades mulai didistribusikan.

Surat suara mulai didistribusikan ke desa-desa yang melaksanakan Pilkades. Pendistribusian pun mendapat pengawalan cukup ketat dari aparat Polres Muaro Jambi bersenjata lengkap.

"Kita mulai distribusikan hari ini. Untuk hari ini kita ke daerah-daerah yang jauh dari jangkauan atau daerah yang memiliki potensi kerawanan," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Muarojambi Raden Najmi di Kantor Desa Kasangpudak Kecamatan Kumpeh Ulu Selasa (5/11/19).

Dijelaskan Najmi, ada ribuan surat suara yang didistribusikan ke Kasangpudak hari itu. Desa Kasangpudak didistribusikan terlebih dahulu karena jumlah mata pilih di desa tersebut cukup banyak.

Selain mendistribusikan, hari itu juga diberikan Bimtek kilat. Pihak PMD selaku panitia kabupaten memapaparkan kepada para panitia pilkades dan juga perangkat desa yang hadir di sana tentang tata cara pelipatan surat suara, cara pencoblosan dan juga penghitungan surat suara.

Sesuai aturan, setiap daerah didistribusikan surat suara sebanyak jumlah mata pilih ditambah 2.5 persen seperti pelaksanaan pemilu pada umumnya. Pelipatan surat suara dilakukan oleh panitia dan dibantu BPD.

"Di Kasangpudak sendiri ada lima TPS mengacu satu TPS per dusun. Di sini TPS dan mata pilihnya paling banyak dibanding desa-desa lainnya," urai Najmi.

Dinas PMD menegaskan kepada para panitia agar menjalankan tupoksi mereka sesuai aturan dan tidak coba-coba untuk bermain-main. Perangkat desa juga diminta untuk sama-sama menjaga agar surat suara ini aman menjelang jalannya Pilkades.

Tak lupa, dalam Bimtek kilat tersebut juga dipaparkan bagaimana cara menentukan bila ada hasil seri dalam pelaksanaan Pilkades ini.

"Sesuai aturan dalam Perbup, bila ditemukan hasil seri maka pemenangnya ditentukan berdasarkan hasil penghitungan surat suara di TPS dengan jumlah pemilih yang terbanyak menggunakan hak pilihnya. Siapa yang unggul disitu maka itulah yang ditetapkan sebagai pemenang," cetus Najmi.

"Mari sama-sama kita laksanakan dan kawal Pilkades ini agar berlangsung aman sejuk dan damai," timpal Najmi.

Redaktur: Rhizki Okfiandi

Reporter : Raden Romi