Terkait Pasien Suspect Corona di Bungo Jambi, Begini Penjelasan Kadinkes Bungo

Salah satu pasien di rumah sakit Permata Hati Muara Bungo yang sebelumnya viral terduga terjangkit virus corona, masih belum dipastikan terkena virus corona hingga Kamis (27/02/2020).

Terkait Pasien Suspect Corona di Bungo Jambi, Begini Penjelasan Kadinkes Bungo
Istimewa

BRITO.ID, BERITA BUNGO - Salah satu pasien di rumah sakit Permata Hati Muara Bungo yang sebelumnya viral terduga terjangkit virus corona, masih belum dipastikan terkena virus corona hingga Kamis (27/02/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Bungo dr H Safaruddin Matondang, MPH menjelaskan saat ini pihaknya masih menunggu laporan secara kontinu dari dokter yang merawat.

"Kita tunggu laporan dokter yang merawat. Dan kita terus koordinasi dengan Kadis Kesehatan Propinsi Jambi," katanya dikonfirmasi brito.id, Kamis (27/2).

Kata mantan Direktur RSUD H Hanafie ini, saat ini masih dalam tahap pemantauan.

"Kondisi pasien kini tidak demam. Dan kondisi saat ini tenang juga sedang di konsul ke dr paru-paru. Kita tunggu hasil ya," tutupnya.

Informasi yang dihimpun pasien tersebut pada awal bulan Februari 2020 lalu melakukan perjalanan ke Korea, yang mana beberapa wilayah dan negara di daerah tersebut mengalami penyebaran virus corona. Sepulang dari negara Korea, pasien mangalami gejala demam dan langsung dirawat di rumah sakit Permata Hati Muara Bungo.

Pasien yang diduga mengalami suspect corona sekarang sedang dirawat di ruangan khusus yang ada di rumah sakit Permata Hati Muara Bungo.

Dokter dr Nurul Mufti, MARS Direktur RS Permata Hati Muara Bungo membenarkan informasi tersebut.

"Memang benar ada satu pasien dengan riwayat perjalanan ke Korea, dan pada saat ini sedang dirawat di Rumah Sakit Permata Hati ini dengan keluhan mengalami demam. Dikarenakan pasien pada waktu itu perjalanannya ke Korea, maka kita harus waspada, dan pasiennya kita rawat, tetapi belum kita anggap sebagai pasien terjangkit corona, karena bisa saja penyakit yang dialaminya bukan berasal dari penyakit corona. Jadi statusnya sekarang yakni dalam status suspect, atau dicurigai," terangnya, Kamis (27/2/2020) seperti dilansir wartalintas.com.

Untuk memastikan pasien ini benar-benar mengalami virus corona itu, pihaknya masih harus melakukan observasi. Saat ini, pasien masih isolasi di ruangan tersendiri.

"Kami sekarang sedang menunggu dari tim yang ada di Jambi, yang akan melakukan pemeriksaan pasien yang diduga terjangkit virus corona ini," ujarnya.

Saat ini pihaknya sudah berkomunikasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo dan Dinas Kesehatan Provinsi Jambi. Pihaknya sedang menunggu informasi dan menunggu tim dari Provinsi Jambi untuk menangani masalah ini. (red)