Tiba di Merangin, Anggota Bawaslu RI Canangkan Desa Mudo Sebagai Desa Peduli Awasi Hak Pilih

Anggota Bawaslu RI, Moch Afifuddin, melakukan kunjungan ke Kabupaten Merangin, Selasa (11/8/2020).

Tiba di Merangin, Anggota Bawaslu RI Canangkan Desa Mudo Sebagai Desa Peduli Awasi Hak Pilih
Penandatanganan MoU yang Dilakukan Bawaslu Merangin dan Desa Mudo (ist)

BRITO.ID, BERITA MERANGIN - Anggota Bawaslu RI, Moch Afifuddin, melakukan kunjungan ke Kabupaten Merangin, Selasa (11/8/2020).

Kunjungannya kali ini, berlangsung di Desa Mudo, Kecamatan Bangko, dalam rangka pencanangan Desa Mudo sebagai Desa Peduli Awasi Hak Pilih.

Dalam sambutannya, Afifuddin, mengaku kalau pencanangan Desa Mudo sebagai Desa Peduli Awasi Hak Pilih merupakan hal yang unik, karena baru kali ini Ia menemukan Desa yang terlibat langsung dalam melakukan pengawasan hak pilih.

"Jadi memang tugas pengawasan hak pilih ini bukan dilakukan oleh KPU jajaran, Bawaslu Jajaran, tetapi juga butuh peran serta Pemerintahan setempat, seperti yang dilakukan Pemdes Mudo ini," ujarnya.

Anggota Bawaslu RI, Moch Afifuddin, saat menyampaikan kata sambutan (ist)

Selain itu, Ia juga menyebutkan, dengan adanya peran serta seperti yang dilakukan Desa Mudo ini, masyarakat yang memang memiliki hak pilih dapat menyalurkan hak pilihnya pada Pilkada Desember mendatang.

"Inilah output dari kegiatan ini, saya sangat mengapresiasi, dan memang nantinya Desa ini bisa menjadi percontohan di seluruh Indonesia, dalam melakukan pengawasan hak pilih," katanya.

Di tempat terpisah, Kepala Desa Mudo, Umarela, dalam sambutannya menyebutkan, kalau Pemdes sangat menyadari pentingnya partisipasi dalam melakukan pengawasan hak pilih.

"Kami ingin mergine eror data pemilih di Desa kami itu 0 persen, semua masyarakat kami yang memang memiliki hak pilih bisa menyalurkan suaranya," ujar Umarela.

Dalam kegiatan ini juga, Bawaslu Merangin melakukan MoU bersama Pemdes Mudo dalam melakukan pengawasan hak pilih.

"Semoga kegiatan kita ini bisa berlanjut dan menjadi percontohan bagi seluruh Pemerintahan Desa lain," ujar Ketua Bawaslu Merangin, Alber Trisman.

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua Bawaslu Provinsi Jambi beserta Anggota, Bawaslu Merangin, serta Panwaslucam di seluruh Kabupaten Merangin.

Penulis: Rhizki Okfiandi