Tidak Terurus, Seekor Buaya Besar di Penangkaran Sungai Gelam Muarojambi Mati Akibat Dimangsa Kawanannya

Seekor buaya muara yang berada di penangkaran yang terbengkalai, sekitar Desa Kebon IX, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, akhirnya mati akibat pertarungan.

Tidak Terurus, Seekor Buaya Besar di Penangkaran Sungai Gelam Muarojambi Mati Akibat Dimangsa Kawanannya
Tampak Bangkai Buaya yang Mati di Sungai Gelam (ist)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Seekor buaya muara yang berada di penangkaran yang terbengkalai, sekitar Desa Kebon IX, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, akhirnya mati akibat pertarungan. 

Yuli Akmal, dokter hewan BKSDA Jambi,saat dikonfirmasi membenarkan atas kematian bangkai hewan tersebut yang diduga mati karena adanya pertarungan. 

"Iya benar mati. Mungkin karena kurang makan, makanya saling menyerang dan memangsa," kata Yuli, Minggu, 26 September 2021.

Yuli menyebutkan, praktik kanibalisme merupakan hal yang biasa bagi reptil besar tersebut. Sehingga buaya di sekitar sempat saling memakannya. 

"Itu hal yang lumrah. Malah kalau ada yang kecil biasa dimakan oleh buaya yang lebih besar," ujarnya. 

Yuli menjelaskan, terhadap bangkai buaya yang mati itu diperkirakan sudah mati sekitar satu minggu yang lalu. Pihaknya pun hingga saat ini belum berencana untuk mengevakuasinya, karena letaknya jauh dan BKSDA Jambi lebih memprioritaskan evakuasi buaya yang masih hidup. 

Sementara itu, Polisi Kehutanan BKSDA Jambi, Sartono mengatakan mengenai gigi ompong yang dialami oleh buaya di sana, kondisi tersebut merupakan hal yang biasa. 

"Ketika makan yang keras bisa patah. Dan itu bisa tumbuh lagi," kata Sartono. 

Kontributor: Loadry Apryaldo
Editor: Rhizki Okfiandi