Tiga Bulan Beroperasi, Penghuni Lapas Perempuan Kelas IIB Jambi Over Kapasitas

Tiga Bulan Beroperasi, Penghuni Lapas Perempuan Kelas IIB Jambi Over Kapasitas
Kepala Lapas Perempuan Jambi Suzana. (Romi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II B Jambi yang berada di Desa Bukitbaling Kecamatam Sekernan Muarojambi baru dihuni sejak 17 Juni 2019 yang lalu. 

Meski baru tiga bulan, namun penghuni satu-satunya Lapas Perempuan di Jambi ini tersebut sudah melebihi kapasitas.

"Kapasitasnya 166 orang namun sekarang sudah berisi 196 orang. Sudah melebihi kapasitas," ungkap Kepala LPP Kelas IIB Susana Tri Agustin, Selasa (10/9/19) saat disambangi BRITO.ID.

Diterangkan Susana, di LPP Kelas IIB terdapat 16 kamar dengan kapasitas satu kamar untuk kurang lebih 10 warga binaan. Dengan kondisi jumlah warga binaan yang ada saat ini, setiap kamar diisi 12-13 warga binaan.

"Begitulah adanya saat ini. Ini belum semua warga binaan dipindah ke sini. Di beberapa daerah masih ada warga binaan yang belum dikirim dengan alasan tertentu misal belum vonis dan masih menjalani sidang," terang Susana.

Kendati sudah melebihi kapasitas, namun kondisi di sana masih sangat kondusif dan aman. Susana bilang meski fasilitas di sana belum lengkap namun proses pembinaan kepada narapidana tetap berjalan.

"Memang fasilitasnya belum lengkap seperti lapangan olahraga ataupun sarana teologi seperti tempat ibadah. Kita manfaatkan bangunan yang ada seperti aula kita manfaatkan sebagai tempat ibadah. Multi fungsilah istilahnya," urainya.

Dijelaskan Susana, proses pembinaan di sana masih berjalan normal. Berbagai kegiatan pembinaan ataupun pelatihan ketrampilan diajarkan kepada warga binaan. 

"Warga binaan dilatih dengan pelatihan ketrampilan di bidang pertanian atau bercocok tanam. Selain itu ada juga pelatihan membuat batik tulis. Untuk batik tulis ini kita dibantu dengan dana CSR dari Pertamina," pungkasnya. (RED)

Kontributor : Romi R