Pasar Rakyat Sengeti Segera Diresmikan, Kondisi Jalannya Malah Begini

Pasar Rakyat Sengeti yang berada di Kelurahan Sengeti Kecamatan Sekernan rampung dibangun. Rencananya, pasar tersebut akan diresmikan pada Kamis pekan depan.

Pasar Rakyat Sengeti Segera Diresmikan, Kondisi Jalannya Malah Begini
Tampak Kondisi Jalan Menuju Pasar Rakyat Sengeti (ist)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Pasar Rakyat Sengeti yang berada di Kelurahan Sengeti Kecamatan Sekernan rampung dibangun. Rencananya, pasar tersebut akan diresmikan pada Kamis pekan depan. 

Namun sayangnya, meski bangunan pasar tersebut sudah rampung, kondisi akses jalan menuju ke pasar tersebut masih belum representatif. Akses jalan ke sana masih kurang memadai, terlihat di beberapa titik masih becek dan tergenang air. Dengan kondisi tersebut, tentu nantinya akan menyusahkan baik bagi pedagang maupun pengunjung yang akan berbelanja di pasar tersebut.

"Kalau bangunan pasarnya alhamdulillah sudah bagus, tapi kendalanya ada di akses jalan. Bisa dilihat sendiri lah, masih ada tergenang air dan becek, jalan ini belum memadai, dan sangat menyulitkan mobilitas baik para pendagang yang nantinya hendak berjualan maupun masyarakat yang hendak berbelanja di sini," kata Kepala Kelurahan Sengeti Syafii Rabu (6/1/21) di sela-sela mempersiapkan peresmian pasar tersebut. 

Syafi'i mengaku sudah mengajukan usulan perbaikan jalan tersebut ke Pemkab Muarojambi. Mudah-mudahan kata dia, usulan tersebut bisa segera terealisasi. Pasalnya, untuk menunjang kegiatan pasar yang baru dibangun ini, akses jalan menjadi faktor penentu, karena jika jalan menuju pasar ini memadai, maka otomatis akan mempermudah baik bagi pembeli maupun akses barang yang keluar masuk pasar. 

"Kami sudah mengusulkan agar pemerintah tahun ini dapat membangun akses jalan, mulai dari simpang III SMA sampai ke depan Kantor lurah, dan kalau bisa dibuat dua jalur," pinta Lurah Sengeti.

Terkait siap yang nantinya bakal mengelola pasar tersebut, Syafi'i mengaku belum tahu pasti. Namun tentunya, beliau manut saja. 


"Kalau ditunjuk sebagai pengelola, kami pihak kelurahan siap, pasar tradisional yang lama juga kita yang kelola. Namun jika dikelola oleh dinas juga tidak apa-apa," kata dia.

Terkait kondisi akses jalan yang masih belum representatif tersebut, Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Muarojambi Yultasmi menyebut akan dikerjakan pada tahun anggaran 2021 ini.

"Insya Allah dikerjakan di tahun ini. Sudah dianggarkan," kata Yultasmi singkat.

Penulis: Raden Romi
Editor: Rhizki Okfiandi