Unjuk Rasa di Dekat Istana Negara, BEM SI: Tujuh Tahun Jokowi Mengkhianati Rakyat

Ada 1.000 mahasiswa yang tergabung Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) akan menggelar aksi unjuk rasa didepan Istana Negara pada hari ini, Kamis (21/10/2021) pukul 10.00 WIB. Mereka berunjuk rasa  menagih janji  Presiden Joko Widodo setelah tujuh memimpin pemerintahan.  "Betul (hari ini kami aksi di Istana Negara), dalam rangka tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo," Koordinator Bidang Isu Hukum dan HAM serta Korupsi BEM SI,  Zakky Musthofa Zuhad, saat dikonfirmasi wartawan, ditulis Kamis (21/10/2021). 

Unjuk Rasa di Dekat Istana Negara, BEM SI: Tujuh Tahun Jokowi Mengkhianati Rakyat
Istimewa. (Istimewa)

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Ada 1.000 mahasiswa yang tergabung Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) akan menggelar aksi unjuk rasa didepan Istana Negara pada hari ini, Kamis (21/10/2021) pukul 10.00 WIB. Mereka berunjuk rasa  menagih janji  Presiden Joko Widodo setelah tujuh memimpin pemerintahan. 

"Betul (hari ini kami aksi di Istana Negara), dalam rangka tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo," Koordinator Bidang Isu Hukum dan HAM serta Korupsi BEM SI,  Zakky Musthofa Zuhad, saat dikonfirmasi wartawan, ditulis Kamis (21/10/2021). 

Diperkirakan aksi unjuk rasa ini diikuti sekitar 1000 mahasiswa yang berasal dari sejumlah universitas Tanah Air. 

"Sekitar 1000-an yang terkonfirmasi," kata Zakky. 

Selain di Istana Negara, Jakarta, aksi unjuk rasa juga digelar BEM SI di sejumlah wilayah di Indonesia. 

"Lampung, Riau, Palembang, Kalimantan, NTB, Solo, Yogyakarta, dan lain-lain," ujar Zakky. 

Berdasarkan undangan yang disebar BEM SI, unjuk rasa mereka gelar karena menilai selama tujuh tahun pemerintahan Jokowi banyak persoalan yang belum terselesaikan. Mereka pun menyebut selama itu Jokowi mengkhianati rakyat. 

"Tujuh tahun Jokowi mengkhianati rakyat. Maka dari itu, kami mengajak seluruh Mahasiswa di Indonesia dari sabang sampai merauke dan seluruh elemen masyarakat untuk mengikuti Aksi Nasional, Seruan Gruduk Istana Oligarki," tulis BEM SI dalam undangannya. 

Rabu 20 Oktober kemarin, tepat dua tahun Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin pemerintahan Indonesia, setelah resmi terpilih berdasarkan hasil pemilihan umum yang diselenggarakan pada 2019 lalu. 

Sementara periode pertamanya, Jokowi menggandeng Jusuf Kalla sebagai wakil presiden, setelah resmi terpilih pada pemilihan umum 2014. Terhitung mantan Gubernur DKI Jakarta ini telah memimpin pemerintahan Indonesia selama tujuh tahun. 

Sumber: Suara.com

Editor: Ari