Upaya Pemkab Bungo-Jambi Gencar Vaksinasi Covid-19, Sudah 163.510 Warga Divaksin

Pemerintah Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi berupaya mensukseskan program vaksinasi nasional terus dilakukan. Meski target yang dipasang oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo 70 persen dan maksimal 100 persen hingga akhir Desember ini, lalu bagaimana realisasinya? Berikut ulasannya. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo, dr Safaruddin Matondang, MPH, Selasa (23/11) menjelaskan hingga 17 November 2021, data tercatat sebanyak 61 persen dosis 1 dan 35 persen dosis 2.

Upaya Pemkab Bungo-Jambi Gencar Vaksinasi Covid-19, Sudah 163.510 Warga Divaksin
Kegiatan vaksinasi massal yang dilaksanakan Alumni Bintara Polri Bungo, Lurah Cadika, Bungo Jambi Minggu pertama November. (Ari/brito.id)

BRITO.ID, BERITA BUNGO - Pemerintah Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi berupaya mensukseskan program vaksinasi nasional terus dilakukan. Meski target yang dipasang oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo 70 persen dan maksimal 100 persen hingga akhir Desember ini, lalu bagaimana realisasinya? Berikut ulasannya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo, dr Safaruddin Matondang, MPH, Selasa (23/11) menjelaskan hingga 17 November 2021, data tercatat sebanyak 61 persen dosis 1 dan 35 persen dosis 2.

"Sisanya menunggu jadwal penyuntikan dosis. Kita upayakan hingga akhir Desember ini, minimal 70 persen dan kalau bisa 100 persen warga yang divaksin," terang Jubir Gugus Tugas Covid-19 Bungo ini.

Katanya sesuai dengan kelompok umur yang sudah direkomendasikan, pihaknya akan berkomitmen untuk 19 Puskesmas, Pemerintah Kecamatan, Rio/Kades, TNI, Polri lebih gencar dengan memperbanyak posko vaksinasi. Seperti halnya dengan dilakukan oleh Puskesmas Tanjung Agung beberapa hari lalu.

"Mereka melaksanakan kegiatan di Dusun/desa Tebat dengan mendirikan gerai vaksinasi. Tentu tidak hanya sebatas itu, dan kita akan terus bergerak hingga vaksinasi terlaksana 100 persen," ungkap mantan Direktur RSUD H Hanafie ini.

Melihat capaian vaksinasi saat ini, dari total sasaran 268.954 jiwa yang sudah divaksin hingga 17 November sebanyak 163.510 jiwa. Artinya masih ada 105.444 orang yang belum divaksin, tentu menjadi PR yang harus dituntaskan oleh Pemerintah Kabupaten Bungo.

"Seperti yang kita sampaikan bahwa Pemerintah berkomitmen untuk menuntaskan vaksinasi ini. Kita berharap dalam dua bulan terakhir ini vaksinasi bisa tercapai maksimal," katanya.

Apresiasi Warga yang Ikut Mensukseskan Vaksinasi

Dirinya juga mengapresiasi langkah-langkah berbagai pihak yang ikut mensukseskan program vaksinasi nasional ini. Terutama personal yang mau meluangkan waktu, tenaga dan anggaran untuk vaksinasi massal. Termasuk dengan pihak Polres dan Kodim yang juga bersinergi menuntaskan vaksinasi ini.

"Kami sangat mengapresiasi bagi warga, personal, organisasi, lembaga pendidikan dan lainnya ikut mensukseskan vaksinasi Covid-19 ini. Semoga dapat tercapai herd Immunity di Kabupaten Bungo," ujarnya.

Dirinya juga mengapresiasi para lansia yang bersedia sukarela untuk divaksin. Hal ini menandakan semakin banyak masyarakat yang mengetahui pentingnya vaksin dalam upaya pencegahan penularan Covid-19.

Safaruddin menjelaskan bahwa seluruh masyarakat harus menjadi agen kampanye pelaksanaan vaksinasi sebagai bentuk ikhtiar kita dalam upaya memutus penularan Covid-19.

"Perlu kami jelaskan bahwa vaksin ini aman dan halal, tidak ada alasan untuk menolak divaksin. Sepatutnya kita harus empati dengan para tenaga kesehatan yang berjuang menangani para pasien yang tetkonfirmasi positif covid 19. Masyarakat sepatutnya ikut berjuang dengan disiplin melaksanakan protokol kesehatan dan jangan abai dengan itu, sehingga terhindar dari Covid-19," pungkasnya.

Vaksinasi Covid-19 Kini Door to door

Vaksinasi dikawal oleh Pelda Bahman di Bathin II Pelayang.

Sementara itu vaksinasi tak hanya dilakukan di Puskesmas atau tempat tertentu saja, namun Tim Vaksinasi Covid-19 juga menyasar warga dari rumah ke rumah. Dalam prosesnya, aparat TNI-Polri terus mengawal agar vaksinasi berjalan lancar.

Seperti dilakukan Babinsa Koramil 02/Tanah Tumbuh, Pelda Bahman yang terus mendampingi petugas Dinas Kesehatan untuk melaksanakan vaksinasi yang dilakukan secara door to door di Desa Pelayang, Kecamatan Bathin II Pelayang, Kabupaten Bungo-Jambi, Senin (22/11) kemarin.

Bahkan, mengaku sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Pelayang adalah tugasnya turut mensukseskan program ini. Sebelum turun dirinya juga memberikan edukasi dan informasi ke masyarakat agar mereka mau divaksin. Hingga akhirnya ketika tim hadir, mendapatkan sambutan baik dari warga.

"Selain mengawal pelaksanaan vaksinasi Door to Door, saya juga tak lupa wajib juga memberikan edukasi tentang penerapan Protokol Kesehatan ketat, sehingga masyarakat terhindar dari penyebaran Covid-19," pungkasnya. (Ari Widodo)