Viral Emak-emak Bawa Motor Masuk ke Ruang IGD RS, Begini Fakta yang Ditemukan

Beberapa waktu ini viral di media sosial, seorang emak-emak mengantar seorang pasien dengan menggunakan sepeda motor ke sebuah rumah sakit. Emak-emak itu bahkan memasukkan motornya hingga ke ruang IGD rumah sakit.

Viral Emak-emak Bawa Motor Masuk ke Ruang IGD RS, Begini Fakta yang Ditemukan
Emak-emak bawa masuk motor ke IGD/ Foto: Tangkapan layar.

BRITO.ID, BERITA VIRAL - Beberapa waktu ini viral di media sosial, seorang emak-emak mengantar seorang pasien dengan menggunakan sepeda motor ke sebuah rumah sakit. Emak-emak itu bahkan memasukkan motornya hingga ke ruang IGD rumah sakit.

Kejadian tersebut diketahui terjadi di Situbondo, Jawa Timur. Video emak-emak memasukkan motornya ke ruang IGD rumah sakit itu beredar di media sosial dan menjadi viral.

Dalam salah satu video berdurasi 29 detik itu, emak-emak berjilbab kuning terlihat minta tolong. Petugas semula kebingungan namun akhirnya berbicara baik-baik dengan emak-emak tersebut.

Siapa dan apa alasannya emak-emak tersebut nekat membawa motor ke IGD? Baca fakta-faktanya berikut ini, yang dihimpun dari detikcom:

1. Kejadian dikonfirmasi, pihak RS memaklumi

Peristiwa tersebut ternyata terjadi di di IGD Rumah Sakit Mitra Sehat Situbondo, Bunda. Hal ini dibenarkan oleh pemilik rumah sakit, Imam Hidayat kepada war

"Memang benar. Kejadiannya di sini, beberapa hari lalu," kata Owner Rumah Sakit Mitra Sehat Situbondo Imam Hidayat kepada wartawan, Minggu (1/8/2021).

Imam mengatakan, awalnya petugas jaga di IGD sempat kaget ketika tiba-tiba ada sepeda motor langsung nyelonong masuk ke dalam ruang IGD. Tapi setelah tahu keadaannya, para petugas akhirnya memaklumi.

"Awalnya kaget sih. Tapi akhirnya memaklumi setelah tahu kondisinya. Bahkan para petugas akhirnya sempat ketawa. Tapi mereka memahami, karena situasinya memang darurat," kata Imam Hidayat.

2. Sosok emak-emak yang nekat bawa motor ke IGD

Dari data yang diperoleh pihak Rumah Sakit Mitra Sehat Situbondo, emak-emak yang viral bawa motor ke IGD itu adalah Sasmiati (54), warga Desa Curah Jeru, Kecamatan Panji, Situbondo. Sedangkan pasien yang diboncengnya bernama Kusdi asal desa yang sama.

Dari keterangan Sasmiati, pasien pria itu adalah tetangga tak jauh dari rumahnya. Pria bernama Kusdi itu merupakan penyandang disabilitas.

3. Alasan emak-emak bawa motor masuk ke IGD

Merasa prihatin dengan kondisi Kusdi, Sasmiati lantas membawa ke rumah sakit agar segera mendapat perawatan. Daripada menunggu kendaraan roda empat yang belum jelas kapan menjemput Kusdi, tetangganya itu lantas dibonceng Sasmiati.
"Iya, mungkin Bu Sasmiati ini merasa iba. Lalu pasien penyandang disabilitas itu diboncengnya," kata Imam Hidayat.

Dengan menggunakan bahasa Madura, Sasmiati menyampaikan jika tetangganya, Kusdi memang butuh pertolongan segera, Bunda. Begitu mendengar alasannya, pihak RS pun langsung memberikan bantuan.

4. Langsung pergi

Begitu masuk ke ruang IGD, Sasmiati membawa motornya tepat di sebelah ranjang kosong. Ia kemudian menurunkan Kusdi dibantu oleh petugas rumah sakit.

Setelah menurunkan Kusdi di ranjang rumah sakit, Sasmiati yang menaiki motor jenis matic warna merah itu langsung pergi begitu saja. Sasmiati tampaknya tahu membawa motor ke dalam IGD tak dibenarkan.

5. Kondisi pasien yang diantar kini dapat penanganan medis
Sementara si pasien, Kusdi langsung ditangani sejumlah tenaga kesehatan rumah sakit berseragam hijau. Pasien langsung direbahkan di ranjang lalu mendapat penanganan medis.

Dari keterangan yang didapat, Kusdi sudah beberapa hari menderita sakit dan belum mendapat perawatan.
Sumber: Haibunda.com
Editor: Ari