Wakil Walikota Maulana Sebut Ribuan Jaringan Gas di Kota Jambi Bermasalah

Pemanfaatan gas bumi masih belum maksimal di Kota Jambi, terutama gas bumi untuk rumah tangga. Masalah utamanya adalah kurang masifnya pembangunan jaringan gas (jargas).

Wakil Walikota Maulana Sebut Ribuan Jaringan Gas di Kota Jambi Bermasalah
Wakil Walikota Jambi Maulana (ist)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Pemanfaatan gas bumi masih belum maksimal di Kota Jambi, terutama gas bumi untuk rumah tangga. Masalah utamanya adalah kurang masifnya pembangunan jaringan gas (jargas).

Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Kota Jambi mengajukan peningkatan daya jaringan gas bumi untuk rumah tangga, pasalnya banyak sambungan jargas yang bermasalah. 

Wakil Wali Kota Jambi, Maulana mengatakan, dirinya sudah ke DKI Jakarta untuk bertemu pihak PT Pertagas Niaga, dan juga sudah mengajukan peningkatan jargas. Sebab, dari 17.000 lebih sambungan rumah tangga, ada sekitar 5.000 yang bermasalah. 

"Tekanan sistem regulasi yang kita miliki salah satunya. Kota Jambi ini unik, karena sumber dan regulasinya satu. Jadi, saya minta untuk ditingkatkan," kata Maulana, Minggu 12 September 2021.

Maulana menyampaikan, kesepakatan untuk meningkatkan sumber daya jargas di Kota Jambi sudah terbentuk. Sehingga ke depan permasalahan jargas dapat teratasi, dan dapat menjangkau rumah-rumah di sekitar perbatasan. 

"Kemudian ada beberapa titik yang putus. Kami akan berkolaborasi dengan pihak PUPR, agar segera dipasang. Lalu saya usulkan 10.000 untuk tahun 2022," bebernya. 

Maulana menjelaskan, jargas tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan adanya jargas masyarakat mendapatkan sumber gas yang murah dan tidak perlu antri. 

Maulana juga mengatakan, pihaknya saat ini sedang mengupayakan agar Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Jambi dapat mengelola jargas. Jadi, BUMD Provinsi Jambi tidak perlu lagi yang menangani pengelolaan jargas di daerah itu. 

"Dengan adanya PT Siginjai Sakti (BUMD Kota Jambi), kita bakal lebih dekat dengan konsumen, dan biayanya bisa ditagihkan secara reguler. Kerusakan juga bisa langsung diperbaiki," tukasnya. 

Kontributor: Loadry Apryaldo
Editor: Rhizki Okfiandi