Waspada Email Palsu di Facebook dan Instagram Jika Tidak Akun Anda Hilang

Bila Anda pernah mengalami menerima email yang mengaku dari Facebook atau Instagram, harap mewaspadainya. Apalagi sampai meminta informasi pribadi seperti nama akun dan password.

Waspada Email Palsu di Facebook dan Instagram Jika Tidak Akun Anda Hilang

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Bila Anda pernah mengalami menerima email yang mengaku dari Facebook atau Instagram, harap mewaspadainya. Apalagi sampai meminta informasi pribadi seperti nama akun dan password.

Atau email dari Instagram yang mengklaim bahwa akun Anda akan diblokir atau dihapus jika tidak mengikuti arahan yang diberikan? Ya, bisa jadi Anda sedang mendapat serangan phishing atau penipuan untuk mendapatkan informasi pribadi.

Phising merupakan salah satu bentuk serangan siber, yaitu ketika seseorang berpura-pura menjadi orang lain, dan berusaha mengelabui, hingga korban menyerahkan informasi pribadi. Dalam kasus ini, penipu biasanya akan mengirimkan email yang seolah-olah berasal dari Facebook atau Instagram dengan menyertakan logo.

Sehingga sulit bagi sebagian orang untuk mengidentifikasi email asli dan email palsu. Untuk itu, Facebook dan Instagram mengembangkan fitur yang dapat membantu orang untuk tetap aman dan nyaman saat menggunakan platform tersebut.

Berikut langkah yang dapat dilakukan untuk melindungi diri dari aksi tipu daya phishing di Facebook dan Instagram.

Facebook menyarankan apabila pernah menerima email yang mengaku dari Facebook, Anda bisa mengonfirmasi kebenarannya dengan memeriksa email terbaru yang dikirimkan oleh Facebook melalui langkah-langkah ini:

1. Buka aplikasi Facebook di ponselmu.

2. Klik ikon tiga garis di kanan bawah aplikasi Facebook.

3. Gulir (scroll) ke bagian bawah menu dan pilih 4. Pengaturan & Privasi > Pengaturan > Keamanan dan Login.

5. Gulir (scroll) ke bagian bawah menu, cari menu Tingkat Lanjut > Lihat email terbaru dari Facebook.

Pada menu ini, Facebook akan menampilkan email terbaru tentang keamanan akun, dalam dua minggu terakhir di tab Keamanan, sedangkan email terbaru lainnya yang dikirim oleh Facebook dapat dilihat di tab Email Lainnya.

Hindari mengklik tautan dalam email yang mengaku dari Facebook sebelum pihak Facebook memeriksa kebenarannya melalui tahapan di atas. Sedangkan untuk Instagram, agar membantu mengidentifikasi email phishing dan spam, Anda bisa melihat email resmi dari Instagram yang dikirim dalam 14 hari terakhir pada menu Pengaturan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melihat email yang dikirim oleh Instagram:

1.Buka aplikasi Instagram di ponselmu.

2. Klik profile lalu klik ikon tiga garis di kanan atas aplikasi Instagram.

3. Pilih Pengaturan > Keamanan.

4. Pilih Email dari Instagram.

Pada menu ini, Instagram akan menampilkan email terbaru tentang keamanan akun dalam dua pekan terakhir di tab Keamanan. Sedangkan email terbaru lainnya yang dikirim oleh Instagram dapat dilihat di tab Email Lainnya. Selain itu, pesan Instagram resmi terkait keamanan akun hanya akan dikirim ke alamat email Anda, dan tidak akan dikirim melalui Pesan Direct.

Sumber: Okezone

Editor: Ari