Ada yang Baru Pada Format Kolom Kartu Keluarga di Jambi, Simak Ini...

Ada yang Baru Pada Format Kolom Kartu Keluarga di Jambi, Simak Ini...

BRITO. ID, BERITA JAMBI - Kepala Dinas Catatan Sipil Kota Jambi Mulyadi Yakub, membenarkan adanya format baru dalam Kartu Keluarga (KK). Kata dia, format itu tidak jauh berbeda dengan format yang lama.

Hanya saja ada penambahan dua kolom. KK yang lama masih dengan Peraturan SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan) versi 5. "Sementara saat ini format yang baru telah mencakup SIAK versi 7," jelas Mulyadi. 

Penambahan kolom dan perbaharuan format Kartu Keluarga ini telah mulai disosialisasikan oleh pemerintah pusat, dan diperintahkan untuk segera dijalankan per akhir tahun 2018. "Dan Februari kemarin sudah kita berlakukan. Dan kita juga sudah mensosialisasikan ke lurah dan RT," ungkapnya. 

Dua kolom tersebut yaitu kolom golongan darah dan tanggal pernikahan. Mulyadi menambahkan, saat ini format tampilan KK lebih detail, seperti pekerjaan bekerja di mana itu dicantumkan.

Selain itu status perkawinan jika pengurusan KK atau perbaharuan KK itu harus melampirkan foto copy buku nikah yang ada di dalam KK. Sebab akan mempengaruhi status perkawinan. "Jika tidak melampirkan Fotokopi tersebut makan di kolom status perkawinannya dibuat kawin tidak terdaftar, meskipun sebenarnya mereka menikah resmi," ujar Mulyadi. 

Sosialisasi ini mungkin pelan - pelan akan diberitahukan kepada masyarakat melalui perangkat warga RT dan lurah.

"Yang jelas bukan berarti KK lama tidak berlaku, hanya penambahan format kolom saja tambahnya. KK lama tetap berlaku kok, hanya saja untuk kepengurusan saat ini memang kita perlu data yang klop karena kita ada perbaharuan itu tadi, bukan kita mempersulit," tutupnya. (red) 

Reporter: Dewi Anita