Alhamdulillah, Harga Karet di Muarojambi Berangsur Naik

Petani di Muarojambi saat ini tersenyum cukup lebar. Pasalnya, harga jual hasil kebun mereka, baik berupa karet maupun sawit mengalami kenaikan.

Alhamdulillah, Harga Karet di Muarojambi Berangsur Naik
Proses Lelang Karet di Muarojambi (ist)

BRITO, ID, BERITA MUAROJAMBI - Petani di Muarojambi saat ini tersenyum cukup lebar. Pasalnya, harga jual hasil kebun mereka, baik berupa karet maupun sawit mengalami kenaikan. 

"Alhamdulillah bang harga jual karet saat ini sudah beguyur naik," kata Bujang, salah satu petani karet di Kecamatan Sekernan Muarojambi Selasa (5/10/21). 

Karet hasil panen mereka, dibawa atau dijual ke pelelangan karet yang ada di Desa  Bukitbaling Kecamatan Sekernan. Pantauan di lokasi, pada Senin (4/10/21), terlihat para tauke karet sedang menilai karet warga yang dikumpulkan di sana, untuk selanjutnya nanti dibeli dalam pelelangan. 

"Kalau harga karet saat ini Rp10 ribuan. Ini saya ikut lelang mudah-mudahan bisa menang," kata Hermansyah, salah satu tauke karet yang ikut proses lelang karet di pelelangan tersebut. 

Mereka menilai bentuk dan harga karet yang telah dikumpulkan di sana. Pada hari itu, ada sekitar 11 ton-an karet yang ada di sana. 

"Kalau yang bagus itu yang kasar airnya sedikit. Ini lagi diseleksi dan dinilai harganya," kata Hermasnyah. 

Yang ikut lelang hari itu tak hanya dia sendiri, ada beberapa tauke lain yang ikut lelang. Nantinya, karet-karet tersebut, kata Hermansyah, akan mereka jual lagi ke perusahaan di Kota Jambi. 

"Ini ada sekitar 11 ton. Kalau getah saya sendiri ada juga di rumah yang nantinya akan kita jual sekalian dengan hasil lelang hari ini. Kalau harga ini sudah naik, biasanya hanya Rp6 ribuan per kilonya," kata Hermansyah. 

Penulis: Raden Romi
Editor: Rhizki Okfiandi