Apel Karhutla, Bupati Bungo: Masyarakat Buka Lahan Jangan Membakar

Apel kebakaran hutan dan lahan (karhutla) digelar Pemkab Bungo, Selasa (2/3) di arena eks MTQ baru. Apel dipimpin Bupati Bungo Mashuri dan dihadiri pasukan Polres Kodim, Pramuka, tenaga kesehatan serta BPBD dan Basarnas.

Apel Karhutla, Bupati Bungo: Masyarakat Buka Lahan Jangan Membakar
Bupati Bungo Mashuri melakukan pengecekan pasukan. (Brito.id)

BRITO.ID, BERITA BUNGO - Apel Siaga dan gelar peralatan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) digelar Pemkab Bungo, Selasa (2/3) di arena eks MTQ baru. Apel dipimpin Bupati Bungo Mashuri dan dihadiri pasukan Polres Kodim, Pramuka, tenaga kesehatan serta BPBD dan Basarnas.

Dalam kesempatan itu Mashuri menjelaskan seluruh pihak sudah semestinya berkoordinasi menanggulangi karhutla. Sehingga bencana kebakaran hutan dan lahan di Bungo bisa dicegah.

"Saya ingatkan pencegahan ini menjadi tanggung jawab semuanya. Tidak hanya pemerintah namun masyarakat dan petani juga wajib mendukung pencegahan ini. Juga diperlukan komitmen dari aparat penegak hukum Polri, TNI dalam pencegahan ini," ujarnya.

Mashuri juga mengatakan kebakaran hutan dan lahan mayoritas disebabkan manusia itu sendiri. Baik kebakaran itu disengaja maupun tidak. Dirinya meminta agar masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar. 

"Saya berharap hal ini tidak dilakukan, sebab akan berdampak kepada kualitas udara yang menjadi tidak sehat," katanya.

Dalam apel dihadiri unsur Forkompinda Bungo, kepala OPD, dan undangan. (Red)