Gunung Semeru Meletus Jadi Trending Topic di Twitter

Erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12/2021) sekitar pukul 15.00 WIB menjadi trending topic di media sosial Twitter. Sampai dengan pukul 17.30 WIB, lebih dari 64.000 cuitan di Twitter terkait erupsi Gunung Semeru. Tidak sedikit warganet yang mengunggah video pendek terjadinya erupsi Gunung Semeru di Lumajang itu.

Gunung Semeru Meletus Jadi Trending Topic di Twitter
Semeru Meletus (ist)

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12/2021) sekitar pukul 15.00 WIB menjadi trending topic di media sosial Twitter. Sampai dengan pukul 17.30 WIB, lebih dari 64.000 cuitan di Twitter terkait erupsi Gunung Semeru.

Tidak sedikit warganet yang mengunggah video pendek terjadinya erupsi Gunung Semeru di Lumajang itu.

Sebagian yang diunggah adalah video yang sudah beredar di media sosial, akan tetapi ada pula video kondisi rumah-rumah warga yang tertimbun material Gunung Semeru.

Gunung Semeru tidak sendirian menjadi trending topic. Gunung Merapi yang berada di kawasan Jawa Tengah dan DIY juga menyusul dibicarakan warganet dengan jumlah cuitan lebih dari 5.000 dalam kurun waktu yang sama.

Gunung Merapi dan Semeru sama-sama sedang menunjukkan aktivitas vulkanik. Tingkat aktivitas Gunung Merapi Level III (Siaga), sedangkan Gunung Semeru Level II (Waspada).

Potensi bahaya Gunung Merapi saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor tenggara-barat daya sejauh maksimal 3 kilometer ke arah sungai Woro dan sejauh 5 kilometer ke arah sungai Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, Dan Putih.

Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak.

Sementara, peningkatan aktivitas Gunung Semeru yang disertai awan panas guguran mengharuskan warga menjauhi daerah sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru.

Sumber: Kompas.TV
Editor: Ari