Ingin Atasi Covid-19, Sejumlah Kades Keluhkan Belum Cairnya DD

Pemerintah Pusat dalam hal ini Menteri Dalam Negeri (Mendagri) telah memerintahkan seluruh Kepala Desa untuk mengalokasikan Dana Desa (DD) untuk penanganan Covid-19.

Ingin Atasi Covid-19, Sejumlah Kades Keluhkan Belum Cairnya DD
Ilustrasi

BRITO.ID, BERITA KERINCI -  Pemerintah Pusat dalam hal ini Menteri Dalam Negeri (Mendagri) telah memerintahkan seluruh Kepala Desa untuk mengalokasikan Dana Desa (DD) untuk penanganan Covid-19.

Namun instruksi ini dikeluhkan oleh sejumlah Kepala Desa di Kerinci dan Sungaipenuh. Pasalnya, hingga saat ini, baik Pemkot Sungapenuh maupun Pemkab Kerinci belum mencairkan DD.

Seperti yang diungkapkan Jonlimo Hendra, Kepala Desa Ulu Air Kecamatan Kumundebai Kota Sungaipenuh, yang ditemui Brito.id. Ia (Jonlimo Hendra) mengatakan, untuk pencegahan Covid-19 ini membutuhkan dana yang lumayan banyak, namun hingga saat ini, DD belum dicairkan.

“Makanya kami meminta kepada DPRD Kota Sungaipenuh, untuk menyampaikan kepada Instansi terkait, agar memberikan dispensasi untuk mencairkan DD, karena saat ini untuk pencegahan Covid-19, kami kebingungan mencari dana dari mana,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, Sunandar, Kepala Desa Ujungpasir Kecamatan Tanahcogok Kabupaten Kerinci, yang dikonfirmasi juga mengeluhkan hal yang sama.

“Selama pencegahan ini, kami memakai dana pribadi terlebih dahulu, tapi itu kan tidak maksimal, makanya kami meminta Instansi terkait, bisa segera mencairkan DD,” ujarnya.

Penulis: Ega Roy

Editor: Rhizki Okfiandi