Ini Dia 17 Desa di Muarojambi Dapat Pamsimas

Ini Dia 17 Desa di Muarojambi Dapat Pamsimas
Pamsimas tahun 2018 di Muarojambi. (Istimewa)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) kembali dikucurkan pemerintah pusat ke Kabupaten Muarojambi pada tahun anggaran 2020 mendatang. 

Tak hanya dari dana APBN, Pemkab Muarojambi pun turut mengucurkan dana pada APBD 2020 mendatang untuk program pamsimas ini. Secara total, ada 17 Desa di Kabupaten Muarojambi yang akan mendapat kucuran dana program Pamsimas ini. 

"Jumlah penerima Pamsimas dari DAK pusat tahun 2020 sebanyak 12 Desa. Selain itu, kita juga menganggarkan program pamsimas melalui APBD untuk lima Desa. Jadi totalnya ada 17 desa penerima program tahun mendatang," kata Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Muarojambi, Anjar Senin (2/12) kepada BRITO.ID.

Sebanyak 12 desa penerima program Pamsimas tersebar di enam Kecamatan di Muaro Jambi. Desa-desa tersebut ialah Desa Bahar Mulya, Mulya Jaya dan Desa Sumber Mulya, Kecamatan Bahar Utara.

Selanjutnya Desa Panca Mulya dan Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Sungai Bahar, Desa Tanjung Kantung, Kecamatan Maro Sebo, serta Desa Lopak Alai, Kasang Kota Karang, Kasang Lopak Alai, Sakean dan Desa Solok, Kecamatan Kumpeh Ulu. Dan terakhir Desa Pematang Raman, Kecamatan Kumpeh Ilir. 

Sedangkan lima desa penerima program Pamsimas dari APBD Muarojambi masing-masing adalah Desa Tanjung Sari, Kecamatan Bahar Selatan, Desa Kebon IX dan Trimulya Jaya, Kecamatan Sungai Gelam, Desa Tebat Patah Kecamatan Taman Rajo dan Desa Sungai Bungur, Kecamatan Kumpeh Ilir. 

Anjar menyebut, program pamsimas di wilayah Kabupaten Muaro Jambi telah berjalan sejak 2018. Total jumlah desa yang telah menerima program Pamsinas hingga 2019 sebanyak 51 desa. 

"Kita dapat program ini sejak 2018. Kalau sampai tahun depan sudah jalan tiga tahun," ujarnya.

Anjar menjelaskan bahwa besaran dana yang digelontorkan untuk membangun masing-masing Pamsimas sebesar Rp245 juta. Apabila ditotalkan maka besaran bantuan dana pamsimas yang akan digelontorkan pemerintah pusat pada 2020 mendatang kurang lebih sebesar Rp2,9 Miliar. 

"Pamsimas ini kita bangun lalu kemudian pengelolaannya diserahkan kepada masyarakat desa setempat. Jika ada persoalan seperti air tidak ngalir, kita imbau untuk dilaporkan agar kita perbaiki," kata Anjar.

Penulis: Romi R
Editor: Ari