Kejati Jambi Terima SPDP Kasus Karhutla

Kejati Jambi Terima SPDP Kasus Karhutla
Kasi Penkum Kejati Jambi Lexy Fatharani (Hendro/BRITO.ID)

BRITO.ID, BERITA JAMBI- Kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Provinsi Jambi, hingga kini berlanjut.

Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jambi telah menerima Surat Pemberitahuan Dimulai Penyidikan (SPDP) dari pihak Polda Jambi, dengan tersangka dari pihak korporasi yakni, PT Mega Anugerah Sawit (MAS) dan PT DSSP.

Hal ini disampaikan oleh Kasipenkum Kejati Jambi, Lexy Fatharani. Ia mengatakan, jika pihaknya telah menerima berkas perkara tersebut. Hanya saja Kejati Jambi belum menerima berkas lanjutan dari perkara yang ada.

"Sudah beberapa waktu lalu diterima berkas P16 nya. Hanya saja jaksa penuntut umum yang telah di tunjuk, belum sama sekali ke tahap 1nya," Kata Lexy, Senin (18/11).

Selain itu, Lexy mengaku jika belum sama sekali menerima berkas perkara Karhutla, dengan tersangka Direktur dari dua korporasi yang ada.

Ia mengatakan, jika tersangka Perorangan yang berkasnya sudah tahap penyelesaian, berada di Kejari tempat kejadian perkara.

"Kalau yang ada orangnya ada di Kejari Batanghari, Tanjabbar dan kejari Tebo. Selebihnya belum ada laporannya," ujarnya.

Dirinya menambahkan, jika dua korporasi yang telah dijadikan tersangka oleh polisi akan di jerat Pasal 98dan Pasal 99 dengan ancaman denda dan penutupan izin usaha.

"Mereka kan tersangka korporasi, jadi hukumannya bisa saja denda dan pencabutan izin konsesi. Dengan itu, duo PT yang menjadi tersangka tidak bisa beroperasi kembali jika ada putusan dari pengadilan" pungkasnya. 

Penulis: Hendro

Esditor: Rhizki Okfiandi