Madong: Takut Alsintan Jadi Rongsokan, Kalau Ada Bengkel Bisa Diperbaiki

Madong: Takut Alsintan Jadi Rongsokan, Kalau Ada Bengkel Bisa Diperbaiki

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Pemerintah Pusat melalui Kementrian Pertanian cukup banyak menggelontorkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) ke Kabupaten Muarojambi. Sayangnya, karena tak ada bengkel Alsintan, mesin di tangan petani rusak lalu dibiarkan hingga jadi barang rongsokan.

 

"Kalau ada bengkel alsintan, saya yakin alsintan yang rusak itu masih bisa diperbaiki. Sparepart mesin itu juga akan lebih mudah didapatkan," ungkap Madong Butar-butar, Sekretaris Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Muarojambi Rabu (19/6/19).

 

Madong menyebutkan pihaknya mendorong Kementerian Pertanian untuk mendirikan bengkel Alsintan di setiap Kecamatan di Muarojambi. Dia takut bantuan yang digelontorkan Pemerintah Pusat akan sia-sia.

 

"Kalau bengkel alsintan tersedia, para petani tentu bisa merawat alat itu. Usia mesin itu bisa berumur panjang," katanya.

 

Selain itu, Madong turut meminta agar Pemerintah Pusat menganggarkan kegiatan berupa pelatihan kepada para petani penerima alsintan. Pelatihan ini penting agar para petani bisa profesional dalam menggunakan alat tersebut.

 

"Melalui APBD tentu akan kita upayakan, tapi kami tetap berharap pihak Kementerian yang mengeksekusinya. Pelatihan ini juga penting, petani juga mesti mengetahui cara menggunakan alat itu agar hasilnya maksimal," pungkasnya. (RED)

 

Kontributor : Romi R