Nekat Melintas Siang Hari, 80 Truk Batu Bara Ditilang Polisi

Puluhan Truk angkutan batu bara ditilang petugas kepolisian dari Satlantas Polres Muarojambi pada Minggu (10/10/21). Puluhan truk batu bara ini ditilang lantaran melanggar jam operasional sesuai aturan dalam Pergub Gubernur Jambi nomor 18 tahun 2013 tentang tata cara pengangkutan batubara.

Nekat Melintas Siang Hari, 80 Truk Batu Bara Ditilang Polisi
Polisi Saat Menilang Truk Batu Bara di Muarojambi (ist)

BRITO. ID, BERITA MUARO JAMBI - Puluhan Truk angkutan batu bara ditilang petugas kepolisian dari Satlantas Polres Muarojambi pada Minggu (10/10/21). Puluhan truk batu bara ini ditilang lantaran melanggar jam operasional sesuai aturan dalam Pergub Gubernur Jambi nomor 18 tahun 2013 tentang  tata cara pengangkutan batubara.

"Sudah lebih dari 80 kendaraan angkutan batu bara yang ditilang lantaran melanggar jam operasional. Ketentuan waktu operasional, pengangkutan batubara dilaksanakan mulai pukul 18.00 – 06.00 WIB,” kata Kasat Lantas Polres Muarojambi AKP Navrizal. 

Lokasi penindakan jam operasional batu bara atau razia dilaksanakan di Jalan Lintas Jambi Batanghari KM 24 tepatnya di Kelurahan Pijoan Kecamatan Jambi Luar Kota tadi pagi. 

Kasat Lantas Polres Muarojambi AKP Nafrizal meminta kepada pemilik usaha tambang batu bara atau pemilik usaha transportasi batubara dan Sawit di Provinsi Jambi untuk mematuhi waktu operasional pengangkutan batubara.

Hal ini dikarenakan tingginya intesitas pengangkutan batu bara melalui jalan umum di Provinsi Jambi yang berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat baik sosial, budaya, ekonomi,keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas. 

"Sehubungan dengan hal ini, kami umbau kepada pemilik usaha pertambangan batu bara dan/atau pemilik usaha transportasi batubara di Provinsi Jambi untuk mentaati ketentuan UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, serta ketentuan waktu operasional, ketentuan daya angkut serta rute sebagaimana diatur dalam Peraturan Gubernur Jambi nomor 18 tahun 2013 tentang  tata cara pengangkutan batu bara," kata Nafrizal. 

Navrizal menjelaskan ketentuan daya angkut, angkutan batu bara dengan jenis kendaraan 2 (dua) sumbu seperti Truck PS, Colt Diesel dan sejenisnya dengan daya angkut dan kelas jalan sesuai Buku Uji Kendaraan. Adapun Rute, pengangkutan batubara yang melalui jalan umum sesuai zona yang telah ditentukan dalam Peraturan Gubernur Jambi nomor 18 tahun 2013 tentang tata cara pengangkutan batubara.

"Dalam rangka terciptanya kepatuhan dan budaya berlalulintas, serta menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalulintas, kami dari Satlantas Polres Muarojambi akan melakukan penindakan terhadap pelanggaran tata cara pengangkutan batubara di wilayah Kabupaten Muarojambi," kata Nafrizal. 

“Kita akan terus melakukan penertiban serupa untuk truk batubara yang melanggar jam operasional,” timpal Nafrizal. 

Penulis: Raden Romi
Editor: Rhizki Okfiandi