Soal Transpransi Pasien Positif Corona di Jambi, Ketua DPRD Edi Minta Kejujuran & Keikhlasan Keluarga

Desakan transparansi terhadap identitas pasien positif Covid-19 juga muncul dari DPRD Provinsi Jambi. Namun DPRD lebih memilih langkah persuasif.

Soal Transpransi Pasien Positif Corona di Jambi, Ketua DPRD Edi Minta Kejujuran & Keikhlasan Keluarga
Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto saat melakukan pengecekan bantuan wastafel dari PDIP. (Facebook)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Desakan transparansi terhadap identitas pasien positif Covid-19 juga muncul dari DPRD Provinsi Jambi. Namun DPRD lebih memilih langkah persuasif.

Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto yang dihubungi Brito.id mengatakan, transparasi dalam kondisi ini sebenarnya sangat penting. Hanya saja, ada protap kesehatan yang mengharuskan identitas pasien itu adalah privasi. Terkecuali memang pihak keluarganya yang memberanikan diri untuk menanggapi.

Baca Juga: HMI Cabang Jambi Desak Pemerintah Ungkap Identitas Pasien Positif Corona

Edi lebih menekankan kepada pihak keluarga yang harus legawa untuk transparan. Sebab hal ini tujuannya bukan membuka aib, namun untuk membantu memutus rantai penyebaran.

"Menurut saya kalau untuk memberikan data lengkap pasien positid Covid 19 di peraturan kesehatan memang tidak boleh. Sebab itu privasi. Namun di saat seperti ini, maunya pihak keluarga harus bisa cepat menyikapi untuk jujur dan memberikan laporan dan memberikan informasil ke publik. Agar siapa pun yang melakukan kontak fisik kepada pasien bisa melaporkan diri kepada tim gugus corona untuk mendapatkan penanganan sebagaimana seharusnya atau mengisolasikan diri dulu. Siapa pun itu," jelas politisi PDIP ini.

Jika transparansi riwayat kontak diketahui, maka akan mudah mengetahui siapa - siapa saja yang akan menjadi ODP untuk diperiksa lanjutan. Jika laporan dari keluarga ataupun record kontaknya sudah tahu, bisa langusng cek riwayat kontak fisik pasien dengan siapa - siapa saja melakukan pertemuan.

Baca Juga: Siaga Darurat, Di Kerinci & Sungaipenuh, Ratusan Orang Masuk ODP Corona, 2 PDP

Diketahui setelah ditetapkannya oleh Kemenkes satu pasien Jambi yang positif mengidap Covid 19. Sampai saat ini belum ada kejelasan tentang secara resmi siapa pasien tersebut. Seorang lagi dilaporkan meninggal dengan status orang dalam pengawasan (ODP). (red)

Reporter: Dewi Anita