Sopir Truk Dites Urine di Jembatan Timbang, Begini Hasilnya

Sopir Truk Dites Urine di Jembatan Timbang, Begini Hasilnya
Salah seorang sopir dites kesehatan. (Romi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Para supir truk yang tengah menimbang muatannya di Jembatan Timbang Desa Suko Awin Jaya Kecamatan Sekernan mendadak dites urinenya. Tes urine ini dilakukan oleh Polres Muarojambi pada Rabu (18/12/19). 

Pantauan di lokasi, para supir truk terlihat secara suka rela menjalani tes urine tersebut. Mereka tampak bergiliran mengambil wadah tempat urine, lalu masuk ke toilet mengisi wadah itu dengan sampel urine. Para supir itu kemudian menyerahkan sampel urinenya kepada petugas untuk diuji. 

Proses tes urine ini disaksikan langsung Kapolres Muarojambi, AKBP Ardiyanto. Ardi memantau pelaksanaan tes urine didampingi Kabag Ops, Kasat Narkoba dan Kasat Lantas. Selain dari pihak kepolisian, tes urine ini disaksikan Direktur RSUD Ahmad Ripin, dr Ilham. 

Ardiyanto mengatakan, tes urine ini dilakukan untuk memastikan para supir bebas dari penyalahgunaan narkoba. Kegiatan tes urine ini direncanakan akan rutin dilakukan Satnarkoba Polres Muaro Jambi dengan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Muarojambi. 

"Untuk saat ini baru sedikit yang kita tes. Kita ambil sampel sebanyak 10 supir. Ke depan kita upayakan semua supir akan tes, dan kegiatan ini akan rutin kita gelar," kata Ardiyanto saat dikonfirmasi pada Rabu (18/12).

Ardiyanto mengatakan, tes urine ini bertujuan agar para supir jangan sampai menggunakan narkoba saat berkendara. Sebab, para supir yang menggunakan narkoba akan sangat merugikan bagi diri sendiri dan membahayakan bagi orang lain. 

"Melalui tes urine ini, Kita akan pastikan para supir bebas dari penyalahgunaan narkoba," ujarnya. 

Ardiyanto menyebut, hasil tes urine para supir yang diuji semuanya negatif. Tidak satupun urine milik supir yang diuji itu mengandung senyawa narkoba. " Hasil urine mereka negatif semua," katanya.

Penulis: Romi Raden
Editor: Ari