Speedboat Wisatawan Asing Terbakar di Perairan Taman Komodo

Speedboat  yang berpenumpang 15 wisatawan asing, hendak berwisata ke pulau itu ludes terbakar pada Selasa 7 Agustus 2018 Pukul 09.30 Wita.

Speedboat Wisatawan Asing Terbakar di Perairan Taman Komodo

BRITO.ID, KUPANG - Sebuah speedboat KM Molise bermesin Evenrod 600 PK milik dari perusahaan Alba Cruise hangus terbakar di perairan Taman Nasional (TN) Komodo, tepat di depan Pulau Padar, Kabupaten Manggarai Barat.

Speedboat  yang berpenumpang 15 wisatawan asing, hendak berwisata ke pulau itu ludes terbakar pada Selasa 7 Agustus 2018 Pukul 09.30 Wita. Beruntung, semua penumpang yang berasal dari Prancis, Inggris, Belanda, Amerika Serikat dan Portugal serta para kru kapal selamat.

Kejadian berawal saat kapal yang membawa 15 wisatawan asing itu berkeliling di sejumlah pulau kawasan TN Komodo. Sumber itu menyebutkan tepat pukul 07.30 Wita, KM Molise mulai bergerak dari dermaga Hotel Laprima dengan tujuan Pulau Padar, Pulau Komodo dan Pulau Kanawa.

Setelah hampir dua jam perjalanan atau tepat Pukul 09.00 Wita, setelah sampai di perairan Pulau Padar, salah satu mesin kapal mati. Nahkoda lalu memerintahkan dua anak buahnya memompa bahan bakar kapal. Setelah itu nahkoda coba menghidupkan kembali mesin.

Percobaan itu dilakukan sebanyak tiga kali namun tak membuahkan hasil. Nahkoda lalu memutuskan untuk melanjutkan perjalanan hanya dengan satu mesin yakni bagian kanan. Aksi paksa nahkoda itu membawa dampak buruk. Sesaat sebelum tiba di dermaga Pulau Padar, mesin kiri yang tadinya tak bergungsi itu tiba-tiba meledak. Para penumpang pun panik. Dengan jaket penyelamatan yang sudah digunakan sebelumnya, para penumpang kapal lalu menyelamatkan diri dengan terjun ke laut.

Beruntung banyak kapal lain yang berada di dekat lokasi kejadian sehingga semua penumpang bisa diselamatkan.

Selanjutnya pada Pukul 10.42 Wita, datanglah bantuan petugas untuk mengevakuasi para penumpang ke darat. Para petugas itu berasal dari Basarnas Labuan Bajo, personel TNI AL, 2 orang Pol Airud Manggarai Barat, 2 orang personel Unit inteldim 1612/Manggarai, serta 3 orang Sat Intelpol Polres Manggarai Barat. Proses evakuasi dilakukan hingga pukul 12.00 Wita dan semua penumpang serta kru kapal bisa diselamatkan.

15 penumpang wisatawan asing yang diselamatkan masing-masing adalah Pristine Emilia (Prancis), Sergio Resa (Prancis), Romain Edison (Inggris), Charmine Calisa (Inggris), Lucinda Reynolds (Inggris), Roman Putra (Amerika Serikat), Chritin Patricia (AS) dan Christoper Helgen (AS).

Selanjutnya Greak Corl (AS), Contantino Nino (UK), Lousya Cardoso (UK), Sakira Lopez (UK), Haily Wreck (UK), Hagellen (Belanda), dan Nahar Diniz (Portugal). (*)