Tahun Ini, Hampir 93 Guru di Muarojambi Masuki Masa Pensiun

Tahun Ini, Hampir 93 Guru di Muarojambi Masuki Masa Pensiun
Kabid Pembinaan Ketenagaan Disdik Muarojambi (Raden Romi/BRITO.ID)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Pada tahun 2020 ini, puluhan guru PNS di Kabupaten Muarojambi akan memasuki masa akhir mengajar di sekolah. Baik guru di tingkat sekolah dasar (SD) maupun sekolah menengah pertama (SMP).

"Tahun 2020 ini ada 93 guru yang memasuki masa pensiun," ungkap Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muarojambi, Firdaus Selasa (21/1/20).

Dipaparkan Firdaus, para guru tersebut didominasi oleh guru sekolah dasar. Mereka akan purna tugas dalam waktu berbeda, mulai akhir Januari sampai dengan bulan Desember 2020 mendatang.

"Mayoritas itu guru SD, ada 15 guru SMP dan sisanya 78 orang merupakan guru SD. Baik guru kelas, guru agama maupun guru Penjas (Pendidikan Jasmani)," terang Firdaus.

Berdasarkan data yang ada, lanjut Firdaus, guru-guru yang bakal pensiun tersebut menyebar hampir di seluruh kecamatan di Kabupaten Muarojambi.

Mencermati kondisi yang ada ini, Muarojambi pastinya sangat membutuhkan tambahan guru.

Kondisi kekurangan guru yang ada saat ini saja cukup banyak ditambah lagi dengan adanya guru PNS yang pensiun ini.

"Guru PNS yang pensiun ini menyebar di semua kecamatan. Tentunya kita akan semakin kekurangan guru ke depannya," cetus Firdaus.

"Kita sangat butuh formasi guru ini untuk menutupi kekurangan guru yang mencapai ribuan jumlahnya," timpalnya.

Penulis: Raden Romi

Editor: Rhizki Okfiandi