Tak Ingin Bebankan Anggaran Negara, Jokowi Minta Terobosan Biayai Proyek Tol Tran Sumatera

Presiden Joko Widodo meminta para menterinya mencari terobosan untuk membiayai proyek tol Trans Sumatera agar tak membebani anggaran negara.

Tak Ingin Bebankan Anggaran Negara, Jokowi Minta Terobosan Biayai Proyek Tol Tran Sumatera
Tol Trans Sumatera (ist)

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta para menterinya mencari terobosan untuk membiayai proyek tol Trans Sumatera agar tak membebani anggaran negara.

"Saya minta ada terobosan sumber-sumber pembiayaan alternatif untuk mengurangi beban ekuitas dari PMN (Penyertaan Modal Negara) dan juga tidak tergantung dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara)," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas dari Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Jokowi menjelaskan, jalan tol Trans Sumatera yang akan membentang dari Lampung hingga Aceh ini membutuhkan investasi sebesar Rp 476 Triliun.

Namun dari total investasi itu masih ada kebutuhan tambahan pendanaan sebesar Rp 386 Triliun untuk menyelesaikan keseluruhan ruas sampai 2024 mendatang.

"Saya minta ini betul-betul dikalkulasi kelayakan finansialnya, juga mungkin opsi-opsi untuk tambahan ekuitas dalam melanjutkan proyek ini," ucap Jokowi.

Saat ini tol Trans Sumatera sudah selesai dikerjakan di beberapa ruas.

Kepala Negara meyakini tol Trans Sumatera yang direncanakan sepanjang 2.765 kilometer ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di pulau Sumatera.

"Sehingga disana akan ada efisiensi, waktu tempuh dan bisa meningkatkan multiplier effect dua sampai tiga kali lipat terhadap PDB (Proyek Domestik Bruto)," ucap Jokowi.

Sumber: kompas.com
Editor: Ari