Berbahaya! Ini 4 Makanan yang Harus Dijauhi Perempuan Ketika Menstruasi

Kebanyakan perempuan, terutama yang masih remaja sering mengeluh karena kesakitan yang mereka rasakan. Saat itu adalah ketika sedang datang bulan atau menstruasi. Ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari bagi perempuan saat datang bulan atau menstruasi.

Berbahaya! Ini 4 Makanan yang Harus Dijauhi Perempuan Ketika Menstruasi
Minuman yang dilarang saat menstruasi. (istimewa)
Berbahaya! Ini 4 Makanan yang Harus Dijauhi Perempuan Ketika Menstruasi

BRITO.ID - Hai Milenial Jambi! Kebanyakan perempuan, terutama yang masih remaja sering mengeluh karena kesakitan yang mereka rasakan. Saat itu adalah ketika sedang datang bulan atau menstruasi. Ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari bagi perempuan saat datang bulan atau menstruasi.

Menjadi hal yang sangat wajar ketika ada perempuan remaja mengeluhkan hal tersebut ketika sedang menstruasi. Sebab banyak sekali faktor yang menyebabkan keluhan mereka. Karena itu ada beberapa cara untuk melancarkan haid

Untuk menjauhi hal-hal tersebut supaya tidak menggangu kegiatan belajar kamu, ada beberapa jenis makanan yang wajib dijauhi ketika sedang menstruasi atau datang bulan:

Baca Juga: Dulu Legok Kampungnya Narkoba, Sekarang Produsen Batik Motif Ikan Bajubang

1. Minuman yang mengandung alkohol atau soda

Alkohol atau soda dapat merusak gejala premenstrual syndrome atau yang bisa disingkat oleh remaja perempuan zaman sekarang dengan sebutan PMS. Alkohol atau soda juga dapat menurunkan kadar gula darah, sehingga membuat perempuan menjadi sensitif dan cepat marah. Serta cepat merasa lelah dan terkadang menyebabkan kepala pusing.

2. Makanan yang mengandung lemak berlebih

Makanan yang mengandung lemak sebaiknya memang harus dihindari oleh setiap orang, terutama perempuan remaja yang sedang menstruasi karena dapat menyebabkan perut kembung. Contoh makanan yang mengandung lemak berlebih misalnya daging, sosis, kue kering, makan bersantan dan lain sebagainya.

Baca Juga: 10 Cara Melancarkan Haid yang Aman dan Tanpa Efek Berbahaya

3. Minuman yang mengandung kafein

Ada banyak sekali perempuan remaja yang suka minuman mengandung kafein. Minuman kafein sebaiknya dijauhi oleh remaja perempuan yang sedang menstruasi. Sebab dapat menyebabkan gelisah, cemas serta sulit tidur atau insomnia. Selain menyebabkan hal- hal tersebut, kafein juga bisa menyebakan produksi asam lambung dan menimbulkan terjadinya sakit maagh. Saat sedang menstruasi maupun 3 hari menjelang menstruasi, perempuan remaja jangan sampai menkonsumsi minuman yang mengandung kafein.

Baca Juga: Lima Kelebihan Kue Atun Artisnya Sarolangun Jambi, Nomor Tiga jadi Alasannya

4. Makanan yang mengandung kadar garam tinggi

Ketika sedang menstruasi, remaja perempuan sebaiknya menghindari makanan yang mengandung kadar garam tinggi. Terutama saat menjelang haid. Tujuannya adalah menghindari gejala perut kembung dan penahanan cairan.

Sebagai seorang perempuan sebaiknya kita menerapakan pola hidup sehat, seperti olahraga teratur, serta mengkonsumsi makanan yang sehat dan higienis. Meskipun begitu yang paling penting adalah memilih makanan sehat, terutama menjelang dan saat sedang menstruasi. Hal itu agar tidak mengganggu aktivitas sebagai perempuan remaja, meskipun sedang menstruasi.