Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkab Bungo Koordinasi Buat e-digital UMKM

Kepala Dinas Kominfo Sandi Bungo Zainadi menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Bungo melalui Dinas Perindagkop UKM sudah menginventarisir sebanyak 3.700 UMKM. Terutama yang terdampak Covid-19 hingga mereka tutup tidak menjalankan aktivitas.

Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkab Bungo Koordinasi Buat e-digital UMKM
Zainadi Kepala Dinas Kominfo Sandi Bungo. (Ari/brito.id)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Kepala Dinas Kominfo Sandi Bungo Zainadi menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Bungo melalui Dinas Perindagkop UKM sudah menginventarisir sebanyak 3.700 UMKM. Terutama yang terdampak Covid-19 hingga mereka tutup tidak menjalankan aktivitas.

Kata Zainadi langkah dukungan untuk UMKM melalui berbagai program bantuan dan salah satunya stimulus BPUM.

"Mensosialisasikan kepada UMKM berhati-hati dalam membelanjakan kebutuhan dimasa pandemi. Kalau kita bersikap boros kedepan kita kesulitan mengembangkan UMKM, maka dari itu berhemat untuk kebutuhan sangat penting," terang dalam webinar digelar oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) dan Kominfo RI dengan tema manfaat program pemulihan ekonomi nasional bagi UMKM di Bungo, Senin (30/11) melalui aplikasi Zoom.

Firmansyah dari KPCPEN. (Screenshot/Brito.id)

Kemudian dengan mengevaluasi produk yang dijual, jika tidak terjual evaluasi kembali digantikan dengan produk yang lebih diminati konsumen. "Tentunya dengan melihat celah produk yang dipasarkan," katanya.

Terkait e-digital untuk pemasaran UMKM menurutnya sangat baik. Dengan langkah berkoordinasi dengan Dinas Perindagkop dengan menghadirkan aplikasi yang memudahkan UMKM memasarkan produknya. 

"Hal ini untuk mencegah memutuskan rantai Covid-19. Sehingga pedagang bisa antar langsung ke konsumen serta menjaga jarak dan meminimalkan kerumuman," pungkasnya.

Webinar ini menghadirkan pemateri Kepala Dinas Kominfo Sandi Zainadi, MM dan Anggota DPRD Kabupaten Bungo Marwan Siregar, SM dengan moderator Azdy Elfistoni dan KPCPEN Firmansyah.

(Ari)