Hasil Penyelidikan Inspektorat Muarojambi, Kepsek SDN 66 Terbukti Pungli

Hasil Penyelidikan Inspektorat Muarojambi, Kepsek SDN 66 Terbukti Pungli

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Inspektorat dan Tim Saber Pungli melakukan penyelidikan kasus dugaan pungli yang diduga dilakukan oleh oknum kepsek SDN 66 Sekernan Johar. Hasil penyelidikan tersebut dituangkan dalam sebuah surat dan sudah diserahkan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayan Muarojambi.

 

"Suratnya (hasil penyelidikan Inspektorat) sudah kita terima dan kita akan panggil kembali kepala sekolahnya untuk mengevaluasi hasil penyelidikan ini," ungkap Plt Kadis PdK Muarojambi Erwanisah Kamis (27/6/19).

 

Secara tersirat, Erwanisah membenarkan bahwa dugaan pungli bangku sekolah di SDN 66 terbukti. Untuk itu dia juga akan segera melaporkan hal ini kepada Bupat Muarojambi.

 

"Ini (hasil penyelidikan inspektorat) juga akan kita sampaikan ke Bupati. Harapan kita kedepan, tidak ada lagi pungli-pungli seperti ini yang terjadi di Kabupaten Muarojambi,"cetusnya.

 

Untuk diketahui, kasus dugaan pungli ini bermula dari laporan wali murid pada bulan Oktober 2018 lalu. Mereka harus membayar biaya bangku sekolah ketika memasukkan anaknya ke SDN 66  Sekernan tersebut. Laporan inilah yang kemudian ditindaklanjuti oleh Tim Saber Pungli Kabupaten Muarojambi.

 

Terkait aduan ini, Kepala Sekolah SD N 66 Sekernan, Johar saat dikonfirmasi tidak menampik akan hal tersebut. Ia beralasan hal itu atas kemauan dari orang tua wali murid sendiri.

 

Ia juga sudah menjelaskan kepada orang tua atau wali murid bahwa SD N 66 Sengeti tidak memiliki ruang kosong untuk menerima siswa baru yang dalam hal ini siswa pindahan. Kisaran yang dibayarkan oleh wali murid kepada Kepala Sekolah berkisar Rp100 - Rp300 ribu.

 

"Kita sudah jelaskan kelas sudah penuh dan sudah tidak ada bangku yang kosong lagi. Tapi orang tua dari siswa masih maksa agar anaknya bisa sekolah di SD ini dan sanggup untuk membeli bangku baru, asal anaknya bisa diterima," ujarnya beberapa waktu lalu

 

Penjelasan ini juga dibenarkan oleh Erwanisah, bahwa dalam hasil inspektorat yang diberikan kepada dirinya juga menyebutkan bahwa uang yang diberikan oleh Wali Murid berdasarkan kesepakatan. (RED)

 

Kontributor : Romi R