Pemkot Jambi Usulkan Santunan Kematian Untuk Warga di 2020 Mendatang

Pemkot Jambi Usulkan Santunan Kematian Untuk Warga di 2020 Mendatang
Wakil Walikota Jambi Dr maulana (Dewi Anita/BRITO.ID)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Pada tahun 2020 mendatang, Pemkot Jambi berencana membagikan dana santunan kepada warga Kota Jambi yang meninggal sebesar Rp 500 ribu per orang.

Namun untuk mengurus santunan tersebut, pihak keluarga harus mengurus surat kematian ke RT, lalu diteruskan ke kelurahan dan diterbitkan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

Wakil Walikota Jambi Maula menyebutkan sejauh ini, kesadaran masyarakat mengurus akta kematian sangat rendah.

“Selain sebagai bentuk santunan Pemkot Jambi kepada warga yang sudah meninggal, kebijakan ini juga kami nilai mampu meningkatkan jumlah warga yang mau mengurus akta kematian bagi keluarganya yang sudah meninggal,” terangnya.

Penerapan kebijakan ini akan melalui bagian Kesra, pada awal 2020 mendatang. Namun, jelas Maulana ini masih bersifat usulan.

“Mudah-mudahan disetujui oleh legislatif,” sebutnya.

Lanjut Maulana, per tahun nya di Kota jambi ada sekitar 800 warga yang meninggal. Sehingga jika ditotalkan, anggaran yang diperlukan sebesar Rp 400 juta pertahunnya.

Disamping itu, Maulana menilai akta kematian ini juga berfungsi untuk mencegah hal yang tidak baik terjadi. Misalnya sudah meninggal tapi jaminan sosialnya masih tetap menerima, sudah meninggal tapi masih diberi undangan untuk mencoblos.

“Lebih baik kita mengeluarkan Rp 500 ribu per orang, tapi catatan administrasi kita baik, dan tidak ada penyalahgunaan data,” pungkasnya. 

Penulis: Dewi Anita

Editor: Rhizki Okfiandi