SMA N 13 Kota Jambi Pungut Uang Komite Rp1,3 Juta Per Tahun

SMA N 13 Kota Jambi Pungut Uang Komite Rp1,3 Juta Per Tahun

BRITO. ID, BERITA JAMBI - Pungutan Komite kepada siswa masih dilakukan oleh SMAN 13 Kota Jambi. Per bulan siswa diwajibkan membayar uang Komite sebesar 110 ribu per siswa. 

Selain memberatkan orang tua Walimurid, pungutan Komite memang sudah dilarang oleh Pemerintah. Informasi yang didapat dari walimurid, pungutan biaya komite ini hanya untuk sementara sebelum dana bos cair. 

Sementara saat tim brito.id mengecek langsung ke lapangan untuk konfirmasi ke pihak sekolah, siswa masih membayar uang komite tersebut. Bahkan hal mengejutkan ada siswa yang membayar selama setahun dengan jumlah 1 juta 300.

Kepala Sekolah saat ingin dikonfirmasi terkait adanya pungutan tersebut sedang tidak berada di tempat. Sejauh ini belum diketahui mengapa pungutan komite tersebut masih dilakukan. 

Untuk diketahui pungutan komite tersebut diakui oleh siswa yang saat itu sempat dijumpai oleh Brito.id. Selain persoalan uang komite, siswa kelas 1 sampai saat ini juga belum diberikan baju seragam batik.

Padahal sebelumya saat pendaftaran ajaran baru siswa telah membayar uang seragam lengkap sekita lebih kurang 1,2 juta namun sampai saat ini baju batik tersebut belum diberikan tanpa alasan yang jelas. 

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMA/SMK Abdul Mukhti mengatakan belum mengetahui hal ini. Pihaknya akan mengecek kebenaran yang ada. 

Menurutnya sesuai dengan Permendikbud komite itu boleh saja, namun tidak boleh dipatok dan dibebankan. "Karena tidak semua orang tua yang memiliki ekonomi mampu," jelas Mukhti. 

Dalam waktu dekat pihaknya akan mengecek dan mengkroscek kebenaran jika memang ditemukan unsur penyalah gunaan akan ditindak lanjuti. (red) 

Reporter: Dewi Anita