Soal Label Halal Makanan di Jambi, Fasha: Ini PR Kami

Soal Label Halal Makanan di Jambi, Fasha: Ini PR Kami
Fasha dikunjungi IPEMI Jambi. (Dewi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Walikota Jambi Sy Fasha, Kamis (1/8) dikunjungi oleh IPEMI (Ikatan Pengusaha Muslim Indonesia). Kedatangan IPEMI ke rumah dinas Walikota ini bertujuan untuk  melaporkan penghargaan yang diterima Walikota Jambi dari Wakil Presiden RI yaitu "Top Eksekutif Muslim".

Fasha mengatakan pembinaan  pengusaha muslimah kedepan terkait produk halal. Menurutnya produk halal ini masih menjadi momok, jika dibandingkan dengan Malaysia dan Singapura yang lebih komit.

Dia menceritakan pernah kedatangan tamu dari Malaysia dan Singapura, dan mereka bertanya mengapa rumah makan di kota Jambi tidak ada label halalnya.

"Nah, ini merupakan PR untuk kami selaku Pemerintah Kota," jelas Fasha.

"Untuk membuat label halal ini cukup tinggi biayanya, dan kami sudah berkoodinasi dengan MUI bagaimana ini harus ada gerakan nasional. Kami Pemerintah siap memback up hal ini semua karena label halal ini bukan hanya untuk rumah makan tapi UMKM, kuliner dan snack harus ada label halal semua," kata Fasha. 

Menurutnya, soal halal ini akan dijadikan salah satu program Jambi kedepan nanti.  Bagaimana kedepan nanti Jambi bisa mengedepankan produk halal yang bersertifikasi. 

"Halal itu bukan makanan haram atau yang dilarang, namun prosesnya. Misalnya daging ayam dan daging apakah dia memotongnya sesuai dengan syariat islam yang benar," jelasnya. 

Kedepan kota Jambi ini akan menjadi Kota halal dan peran IPEMI sangat diharapkan karena beranggota 650 pengusaha muslimah. 

"Ini yang akan kami gandeng untuk berkerja sama mewujudkn Kota Jambi Halal," pungkas pembina IPEMI ini. (RED)

Reporter : Dewi Anita