Terungkap! Penyebab Ledakan di Tungkal Tanjabbar

Terungkap! Penyebab Ledakan di Tungkal Tanjabbar
Seftic tank sumber gas metana yang meledak.(Heri/brito.id)

BRITO.ID BERITA TUNGKAL- Setelah melakukan penyelidikan, tim gabungan Laboraturium Forensik (Labfor) Palembang dan Indonesia Automatic Fingerprints Identification System (Inafis) Polda Jambi mengungkap, ledakan berasal dari gas elpiji yang bocor dan gas Metana. 

Kurangnya ventilasi bangunan dua tingkat yang berada di jalan Sultan Thaha RT 08 Kelurahan Tungkal Empat Kota, Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Tanjab Barat, juga faktor utama ledakan yang menimbulkan korban luka dan mengakibatkan kerusakan parah.

Kapolres Tanjab Barat, AKBP. ADG Sinaga, S.IK diwawancarai awak media menyampaikan dari hasil olah TKP oleh tim gabungan, dan dari hasil keterangan istri korban maka terungkap jika ledakan bersumber dari Kebocoran Gas Elpiji 12kg ditambah dengan adanya gas metana yang ditimbulkan dari septic tank (penampung kotoran atau tinja, red).

"Rumah ini tertutup, kurangnya ventilasi udara, kemudian ada kebocoran gas elpiji tabung 12 kg, ditambah Gas metana, ini menyebabkan ledakan kuat," katanya di lokasi Senin (19/8).

Dari hasil keterangan korban yang diperkuat dari keterangan saksi Istri korban, sebelum ledakan. Ada bau gas di lantai satu, korban (Adi red) turun ke lantai satu. Kemudian mencoba memperbaiki regulator di selang gas elpiji.

Saat ingin menghidupkan kompor, korban terlebih dulu menyalakan kipas angin dengan maksud menghilangkan bau gas yang menyengat di dalam ruangan. Saat kompor dinyalakan ledakanpun terjadi. 

“Ada beberapa barang yang dibawa untuk diteliti lebih lanjut oleh tim labfor diantaranya ada tabung gas elpiji 12 kg, kompor gas dan kipas angin,” ujar Kapolres Tanjab Barat.

Kapolres menambahkan, selain disebabkan dari kebocoran gas, ledakan juga terjadi karena kemungkinan dari gas metana yang berasal dari septic tank.

“Awalnya ledakan dari gas elpiji dan dari ledakan itu kemungkinan menyulut ke gas metana dari septic tank. Seperti yang kita lihat di TKP, kloset WC nya itu terbang dan pecah, kemudian bak penampung septic tank posisinya naik ke atas,” tukasnya. (RED)

Kontributor : Heri Anto