Khusus Penyandang Disabilitas, Dukcapil Muarojambi Rekam E-KTP di Rumah

Penyandang disabilitas turut menjadi target perekaman dan pencetakan KTP-el Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Muarojambi. Para penyandang disabilitas ini didatangi oleh petugas Dukcapil untuk direkam dan dicetak KTP-elektroniknya.

Khusus Penyandang Disabilitas, Dukcapil Muarojambi Rekam E-KTP di Rumah
Perekaman E KTP yang Dilakukan Petugas Dukcapil di Rumah Warga (ist)

BRITO. ID, BERITA MUAROJAMBI - Penyandang disabilitas turut menjadi target perekaman dan pencetakan KTP-el Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Muarojambi. Para penyandang disabilitas ini didatangi oleh petugas Dukcapil untuk direkam dan dicetak KTP-elektroniknya. 

"Kegiatan jemput bola ini sudah kita lakukan dari tahun lalu, warga yang tidak bisa datang ke kantor camat ataupun ke Dukcapil untuk merekam maupun mencetak KTP-el kita datangi ke rumahnya," kata Kadis Dukcapil Muarojambi Zakaria Rabu (29/9/21). 

Ini dilakukan guna mendekatkan administrasi kependudukan kepada masyarakat. 

"Hari ini petugas kita mendatangi salah satu rumah warga di Desa Ness Muhajirin Kecamatan Jaluko. Kebetulan warga itu berkebutuhan khusus, jadi petugas kita yang datang ke rumahnya, melakukan perekaman dan langsung dicetak kartunya saat itu juga,” kata  Zakaria.

Kegiatan jemput bola untuk penyandang disabilitas ini sangat disambut baik oleh masyarakat. Guna memaksimalkan layanan jemput bola tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil bekerjasama dengan Pemerintah Desa dalam mendata warganya yang memiliki keterbatasan, baik karena keterbatasan fisik, mental dan usia serta warga yang belum melakukan perekaman. 

Zakaria juga menambahkan masyarakat atau pemerintah desa bisa mengajukan permohonan perekaman ke disdukcapil Kabupaten, nantinya tim disdukcapil akan mendatangi langsung warga berkebutuhan khusus yang belum melakukan perekaman.

"Bagi masyarakat yang memiliki keluarga, kerabat atau tetangga yang memiliki keterbatasan fisik belum memiliki dokumen kependudukan, bisa menghubungi Disdukcapil Kabupaten Muarojambi, dan petugas kami yang akan mendatanginya,” timpalnya.

Penulis: Raden Romi
Editor: Rhizki Okfiandi