Sidak ke PT BBS, Ini Hasil Temuan DPRD Muarojambi

Menindaklanjuti hasil dengar pendapat kemarin, DPRD Komisi III bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup Muaro Jambi terjun langsung ke lokasi titik terjadinya pencemaran limbah yang dilakukan oleh PT. BBS (Bukit Bintang Sawit).

Sidak ke PT BBS, Ini Hasil Temuan DPRD Muarojambi
Sidak yang Dilakukan DPRD Muarojambi di PT BBS (IST)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI- Menindaklanjuti hasil dengar pendapat kemarin, DPRD Komisi III bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup Muaro Jambi terjun langsung ke lokasi titik terjadinya pencemaran limbah yang dilakukan oleh PT. BBS (Bukit Bintang Sawit). 

Sidak Dewan ini dipimpin langsung ketua Komisi III DPRD Muaro Jambi Usman Halik, dengan dihadiri para Anggota Komisi III. Sementara dari DLH  Muaro Jambi hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup M. Syafei beserta stafnya.

Ketua Komisi III Usman Halik membenarkan bahwa Komisi III beserta DLH hari ini melakukan sidak ke PT. BBS (Bukit Bintang Sawit) guna menindaklanjuti hasil hearing atau dengar pendapat bersama Dinas Lingkungan Hidup kemarin.

"Setelah kami turun ke lapangan ternyata benar, bahwa ada indikasi dari pihak perusahaan sengaja melakukan kelalaian sehingga limbah tersebut bisa mengalir ke Sungai melintang," kata Usman Halik kepada saat dihubungi via whatsapp Jumat (22/01/2021). 

Usman menjelaskan dari sidak yang dilakukan Dewan mendapati beberapa bukti mulai dari tanggul yang kurang rapi, dinding tanggul yang tidak rata dan tekstur tanah tanggulnya kurang padat. Selain itu Dewan juga mendapati adanya kebocoran pipa transfer dari kolam satu ke kolam lainnya. 

"Jadi kalau menurut penilaian kami itu ada unsur kesengajaan, kelalaian selama ini," ujarnya. 

Usman menyampaikan setelah tim melakukan Sidak pada tanggal 15 Januari kemarin, saat ini memang ada beberapa perbaikan yang dilakukan oleh pihak perusahaan akan tetapi masih tidak sempurna. 

"Tindakan kami sudah jelas, bahwa kami meminta kepada Bupati untuk mengevaluasi ulang izin PT.BBS itu, karena itu sudah sangat salah kalau menurut penilaian kami. Jadi untuk sementara jangka pendeknya kami tadi minta kepada pihak PT.BBS untuk memperbaiki semua kolam-kolam penampungan dari limbah mereka," kata mantan Wakil Ketua DPRD Muaro Jambi ini.

Penulis: Raden Romi
Editor: Rhizki Okfiandi